Prakarya Bunga Dari Kulit Bawang

Cara Membuat Prakarya Bunga dari Kulit Bawang

Di sekitar kita ada banyak materi limbah yang ternyata kalau diamati mengandung nilai eksotika atau keindahan tertentu. Bentuk alami kulit bawang merah dan bawang putih misalnya, kalau dilihat secara seksama mengatakan guratan-guratan dan warna yang indah. Karenanya limbah kulit bawang sanggup dijadikan materi kerajinan tangan atau prakarya yang menarik. Memang sifatnya yang ringkih dan tipis sedikit menyulitkan untuk dibuat dan dikreasikan. Akan tetapi, dikala kita bisa melakukannya dengan kesabaran dan ketelatenan, maka hiasan indah dan unik menyerupai bunga dalam figura menyerupai foto di bawah mungkin sanggup dibuat. Dan tentu saja, dan lebih banyak latihan, kualitas kerajinan tangan dari kulit bawang ini akan sanggup menjadi lebih baik dan mempunyai nilai jual. Lalu, bagaimanakah cara menciptakan hiasan dari kulit bawang menyerupai foto ini? Ayo disimak  tutorialnya.


 Cara Membuat Prakarya Bunga dari Kulit Bawang Prakarya Bunga dari Kulit Bawang
prakarya dari kulit bawang merah dan bawang putih

Alat dan Bahan

Untuk menciptakan prakarya sederhana dari materi limbah atau sampah kulit bawang ini, kita memakai alat dan materi yang sangat sederhana, yaitu:
  • kulit bawang merah dan bawang putih
  • ranting kering ukuran kecil 
  • lem
  • gunting
  • pinset (jika diperlukan)
  • media untuk melekat berupa kertas (anda juga sanggup memakai kain hitam beludru untuk hasil yang lebih baik)
  • kertas bekas warna kuning
  • spidol atau cat air atau pewarna lainnya
  • lidi untuk membantu mengaplikasikan lem pada kulit bawang

Cara Membuat

Adapun langkah-langkah menciptakan hiasan dinding berbentuk bunga dari kulit bawang merah dan bawang putih yaitu sebagai berikut:
  • Siapkan kulit bawang putih dan bawang merah. Pilih yang higienis dan ukurannya agak besar. 
  • Siapkan kertas atau kain untuk media tempelan. Sesuaikan ukurannya dengan figura yang anda miliki semoga lebih praktis.
  • Potong ranting kecil (anda sanggup pula memakai batang bawang putih yang biasanya terdapat pada kumpulan beberapa siung bawang putih) menyerupai Gambar 2. Atur posisinya sesuai selera dan kreatifitas anda. Bentuklah rumpun batang bunga dan rekatkan dengan lem pada media tempel.
 Cara Membuat Prakarya Bunga dari Kulit Bawang Prakarya Bunga dari Kulit Bawang
langkah awal menciptakan prakarya dari kulit bawang
  • Berikutnya, buatlah kelopak (mahkota) bunga berbentuk segitiga dengan sudut-sudut yang tumpul. Perhatikan garis-garis pada kulit bawang dalam menggunting kulit semoga terlihat natural menyerupai mahkota bunga sungguhan. Siapkan beberapa helai. Perhatikan Gambar 3.
  • Sekarang, perhatikan Gambar 4. Anda harus mengaplikasikan lem pada calon kelopak bunga dari kulit bawang ini secukupnya dengan memakai lidi. Jika kesulitan memegang kelopak, gunakan pinset untuk menjepitnya. Selanjutnya atur posisi setiap kelopak semoga tersusun menyerupai susunan kelopak bunga.
 Cara Membuat Prakarya Bunga dari Kulit Bawang Prakarya Bunga dari Kulit Bawang
mulai merangkai kulit bawang menjadi bunga
  • Perhatikan Gambar 5, kini kelopak sudah tersusun dengan rapi. Jika diinginkan anda sanggup menambahkan lapisan kelopak sehingga mempunyai bentuk kelopak rangkap. Susunlah kelopak dari ukuran besar di bab bawah sampai ke ukuran paling kecil di lapisan atas.
  • Pada Gambar 6 ditunjukkan bagaimana tumpuan cara menciptakan putik bunga. Anda sanggup memakai kertas menyerupai saya. Gunakan kertas berwarna kuning dengan lebar sekitar 1 cm dan panjang sekitar 5 cm (Gambar 6a). Selanjutnya potong-potonglah kertas kecil-kecil pada salah satu sisi panjangnya (6b). Kemudian, gulung kertas dan beri lem semoga tidak terbuka. Potong bab pangkal gulungan kalau putik yang terbentuk terlalu tinggi untuk ukuran bunga dari kulit bawang anda. Selanjutnya aplikasikan secuil lem pada pangkal putik dan tempelkan pada sentra rangkaian bunga kulit bawang.
 Cara Membuat Prakarya Bunga dari Kulit Bawang Prakarya Bunga dari Kulit Bawang
menyiapkan putik dari kertas
  • Hasilnya akan menyerupai Gambar 7. Kelopak berwarna merah dengan putik berwarna kuning merupakan perpaduan yang manis bukan?
  • Tambahkan beberapa helai kulit bawang pada bab batang bunga lainnya. Di sini saya membuatnya berbentuk menyerupai kuncup bunga saja. (Gambar 8). Tempelkan pada posisi-posisi yang sesuai berdasarkan selera anda.
 Cara Membuat Prakarya Bunga dari Kulit Bawang Prakarya Bunga dari Kulit Bawang
tinggal menambahkan daun dari kulit bawang putih
  • Berikutnya kita akan menciptakan daun. Bahannya dari kulit dan batang bawang putih. Pilihlah kulit yang higienis dan tidak kusam. Gunting menyerupai bentuk daun pandan (memanjang). Buat beberapa helai. Perhatikan Gambar 10 berikut.
  • Jika sudah siap, tempelkan kulit bawang putih ini untuk membentuk daun (Lihat Gambar 11). 
 Cara Membuat Prakarya Bunga dari Kulit Bawang Prakarya Bunga dari Kulit Bawang
tinggal sentuhan akhir, prakarya dari kulit bawang ini sudah mengatakan bentuk
  • Terakhir, kalau diinginkan, berilah warna hijau pada daun. Saya memakai spidol warna hijau muda dan hijau renta untuk ini. Anda tentu boleh memakai pewarna lain menyerupai cat air, cat minyak, atau bahkan larutan pewarna makanan. 
  • Kalau sudah selesai, akhirnya akan tampak menyerupai Gambar 12.
 Cara Membuat Prakarya Bunga dari Kulit Bawang Prakarya Bunga dari Kulit Bawang
memberi warna hijau pada daun
Bagaimana? Praktis saja ternyata untuk menciptakan prakarya hiasan dinding dari kulit bawang putih dan bawang merah ini, bukan? Oh ya, kalau anda ingin hiasan dinding berbentuk bunga ini lebih awet, celupkan kulit bawang sebelumnya pada materi kimia anti jamur atau air gerusan kapur barus. Boleh juga, dikala anda memasang hiasan dinding ini dalam figura dengan kaca, selipkan beberapa butir kapur barus (naftalen) ukuran kecil di dalamnya.

Demikian tutorial cara menciptakan prakarya atau kerajinan tangan sederhana berbentuk hiasan dinding bunga dari materi limbah kulit bawang putih dan bawang merah. Semoga bermanfaat dan menginspirasi. Wassalam.

:
Prakarya untuk Anak SD dan Taman Kanak-kanak : Ikan dari Kertas
Kerajinan Tangan Anak: Kodok Lucu dari Kertas
Cara Membuat Hiasan Dinding Berbentuk Kupu-Kupu
12 Tutorial Cara Membuat Bunga dari Barang Bekas, Limbah dan Sampah
Tempat Pensil dari Botol Plastik Bekas

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Prakarya Bunga Dari Kulit Bawang"

Posting Komentar