Cara Menciptakan Iwak Samu Atau Pakasam

Pakasam atau Iwak Samu Khas Urang Banjar

Anda tahu iwak pakasam atau iwak samu? Urang Banjar atau masyarakat suku banjar orisinil yang mendiami tempat Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah dan wilayah lainnya niscaya mengenal makanan yang satu ini. Kalau usang di luar tempat niscaya kangen dengan olahan ikan yang satu ini. Rasanya kalau sudah digoreng dengan irisan bawang merah, cabai hijau, dan tomat sangat gurih, agak asin dan sedikit asam. Baunya basi khas. Segar dan sanggup menciptakan menitik air liur.

Olahan ikan air tawar yang diperoleh dari rawa atau sungai ini banyak dijual di pasar-pasar tradisional. Beragam jenis ikan sanggup diolah menjadi makanan khas ini. Pada gambar di bawah, terlihat iwak samu atau pakasam yang masih mentah, terdiri dari ikan seluang, lilimbihayam, anak ikan puyau dan ikan sepat. Pakasam atau iwak samu juga sanggup dibentuk dari ikan yang berukuran sedikit lebih besar menyerupai papuyu (betok) dan haruan (gabus). Pada prinsipnya semua jenis ikan air tawar sanggup diolah menjadi iwak samu atau pakasam ini. Cuma yang biasanya dijumpai ialah ikan yang ukurannya kecil-kecil atau tidak terlalu besar.

 Pakasam atau Iwak Samu Khas Urang Banjar Cara Membuat Iwak Samu atau Pakasam
iwak pakasam atau iwak samu dari ikan seluang, lilimbihayam, puyau dan sepat kecil

Cara Membuat Iwak Samu atau Pakasam Khas Suku Banjar 

Tidak sulit untuk menciptakan iwak pakasam. Barangkali, olahan ini disebut pakasam sebab rasanya yang sedikit asam. Disebut iwak samu sebab tampilannya sewaktu masih mentah khas, dibaluri samu atau serbuk beras yang telah disangrai dan diberi sedikit kunyit. Berikut ialah cara menciptakan iwak pakasam atau iwak samu.

  • Bersihkan 0,25 kg ikan seluang atau lilimbihayam yang masih segar. Buang isi perutnya. Jika anda memakai ikan yang lebih besar (ukuran diatas 5 cm) maka buang juga sisiknya. 
  • Beri garam ikan yang sudah dibersihkan. Jumlah garam sesuai selera. Lebih lezat jikalau anda menambahkan garam sehingga ikan sedikit lebih asin dari ikan goreng biasa, tetapi lebih dingin jikalau dibanding ikan asin. Diamkan selama lebih kurang 10 menit hingga garam meresap.
  • Tiriskan ikan sehingga tak ada lagi air yang menetes.
  • Sementara itu sangrai (goreng tanpa minyak) 2 genggam beras hingga agak kecoklatan. Hati-hati. Jangan hingga gosong.
  • Tumbuk atau giling beras yang telah disangrai tadi hingga ukurannya menyerupai pasir. 
  • Tambahkan sedikit kunyit pada tumbukan beras untuk mendapat warna kuning keemasan yang menarik. Jika ingin warnanya kecoklatan saja, anda tidak perlu menambahkan kunyit.
  • Pada ikan yang telah diberi garam dan ditiriskan sisa airnya, taburkan serbuk beras sangrai (samu). Aduk hingga rata. Jika ikan yang dipakai berukuran lebih besar, maka balurkan serbuk beras sangrai pada seluruh permukaan ikan.
  • Masukkan ikan yang telah diberi samu ini dalam wadah tertutup, kemudian simpan di dalam kulkas (bukan di freezer atau meat tray). Cukup diletakkan di atas rak tempat sayuran. Biarkan paling kurang semalaman semoga terjadi proses fermentasi dan muncul rasa sedikit asam pada ikan. (Sebagian masyarakat bahkan sanggup menyimpan iwak samu atau pakasam ini selama berbulan-bulan sebab dibentuk lebih asin).
  • Nah, itulah cara menciptakan iwak pakasam atau iwak samu khas masyarakat banjar.

 Pakasam atau Iwak Samu Khas Urang Banjar Cara Membuat Iwak Samu atau Pakasam
nikmatnya makan dengan lauk iwak pakasam (samu), olahan ikan khas suku banjar

Cara Memasak Iwak Pakasam atau Iwak Samu

Cara memasak olahan ikan berbentuk iwak pakasam atau iwak samu ini sangat sederhana. Tetapi, dijamin rasanya gurih dan harum. Berikut langkah-langkahnya.
  • Siapkan iwak samu atau pakasam yang akan dimasak (digoreng).
  • Siapkan irisan 5 butir bawang merah, tomat (boleh yang merah boleh juga yang masih hijau), cabai hijau 3 buah, cabai merah 1 buah. (Sebagian masyarakat bahkan juga menambahkan bumbu lain menyerupai irisan bawang putih, batang sereh/serai yang telah dimemarkan, hingga buah belimbing wuluh).
  • Panaskan minyak goreng di atas wajan secukupnya sekira-kira seluruh ikan cukup terbasahi oleh minyak goreng. (Jangan memakai terlalu banyak minyak sebab nanti samu atau beras sangrai yang membaluri ikan cepat gosong dan terlepas dari ikan).
  • Goreng ikan hingga masak. Jangan terlalu kering. 
  • Tambahkan irisan bumbu-bumbu bawang merah, tomat, dan cabe. Biarkan selama 2-3 menit.
  • Angkat ikan dari wajan dan tiriskan sisa minyak.
  • Ikan pakasam atau samu siap dinikmati bersama nasi putih yang panas mengepul-ngepul.
Itulah ulasan perihal iwak pakasam atau iwak samu, olahan ikan sungai atau rawa yang khas dari masyarakat suku banjar. Bagaimana? Tertarik itu mencoba membuatnya sendiri di rumah?

:
Asam Manis Si Buah Ramania (Gandaria)
Mainan Tradisional dari Kalimantan Selatan: Cangkirik
Buah Eksotis, Buah Kalangkala

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Menciptakan Iwak Samu Atau Pakasam"

Posting Komentar