Cara Menciptakan Wayang Daun Singkong

Mainan Tradisional Wayang dari Daun Singkong 

Tau wayang kan? Kalau kau anak Indonesia asli, kau niscaya tahu ihwal wayang. Kesenian tradisional ini tetap lestari hingga ketika ini. Bahkan profesi penyanyi (sinden) dan orang yang memainkan wayang (dalang) juga tetap hidup hingga ketika ini. Nah, di desa utamanya di Pulau Jawa, belum dewasa juga sanggup memainkan wayang ketika mereka berada di sawah atau ladang. Atau bahkan di pekarangan, apabila di daerah tersebut ditanami ubi kayu atau singkong. Mereka biasa menciptakan mainan tradisional berupa wayang dari daun singkong. Cara membuatnya sangat mudah. Dengan materi cuma daun dan tangkai daun singkong jadilah wayang yang sederhana. Seperti contohnya pada gambar di bawah ini. Unik bukan? Mau mencoba membuatnya juga untuk memainkan abjad atau tokoh favoritmu menyerupai Rama atau Arjuna? Pasti bisa.

 Mainan Tradisional Wayang dari Daun Singkong Cara Membuat Wayang Daun Singkong
cara menciptakan mainan tradisional wayang dai daun singkong

Cara Membuat Mainan Tradisional Wayang dari Daun Singkong

Sudah siap menciptakan wayang dari daun singkong atau ubi kayu? Ayo kita mulai. Perhatikan klarifikasi dan foto-foto yang diberikan ya...
  •  Petiklah beberapa helai daun singkong yang tangkainya agak panjang dan sudah cukup tua. Saya sendiri alasannya yaitu tidak punya kebun singkong, hanya memakai sisa daun singkong dari bekas menciptakan lalapan yang diperoleh dari tukang sayur keliling. Punya saya agak kecil dan pendek tangkainya, mungkin alasannya yaitu demam isu kemarau yang kini sedang berlangsung.
  • Jika sudah dipetik, jemur beberapa ketika di bawah terik matahari semoga menjadi layu. Kita perlu melakukannya semoga tangkai daun singkong tidak gampang patah nantinya waktu dilipat-lipat (dianyam). Lihat Gambar 1.
  • Sekarang perhatikan Gambar 2. Ambil setangkai daun singkong yang paling panjang yang kau dapat. Lipat menyerupai ditunjukkan Gambar 2 tersebut. Ini akan menjadi basis seluruh bab tubuh wayang.
 Mainan Tradisional Wayang dari Daun Singkong Cara Membuat Wayang Daun Singkong
membuat basis kepala dan tubuh wayang dari daun singkong
  • Lanjut ya. Sekarang lihat Gambar 3. Ambil lagi sebuah daun singkong. Lilitkan menyerupai diperlihatkan gambar tersebut. Perhatikan, bab pangkal tangkai daun singkong pertama-tama diletakkan sejajar dengan pangkal daun basis tubuh wayang yang kita lipat pertama kali tadi. Kemudian, lipat daun singkong kedua ini ke belakang-atas, kemudian lipat lagi ke bawah. Helaian daun akan terkumpul di bab bawah.
  • Perhatikan kini Gambar 3. Letakkan lagi sebuah tangkai daun singkong sejajar dengan kedua daun sebelumnya. Perhatikan, pangkal daun yang membesar ada di sebelah kanan, kemudian sisanya dilipat ke belakang, menuju ke atas , kemudian menuju ke bawah-depan. Kaprikornus caranya sama persis dengan lipatan sebelumnya.
  • Buat hingga 6 batang tangkai daun singkong dililitkan menyerupai diperlihatkan oleh Gambar 4.
  • Nah, kita sudah selesai menciptakan kepala wayang.
 Mainan Tradisional Wayang dari Daun Singkong Cara Membuat Wayang Daun Singkong
membuat bab kepala wayang dari daun singkong
  • Berikutnya kita akan menambahkan tangan wayang. Bagian tangan inilah yang akan banyak dimainkan. 
  • Perhatikan Gambar 6. Siapkan 2 tangkai daun ubi kayu. Kali ini daun-daunnya dipotong dan hanya disisakan sedikit pada ujungnya. Tujuannya semoga sanggup terjepit dengan bersahabat dan tidak gampang lepas ketika disatukan dengan tubuh wayang.
  • Selipkan begitu saja ujung-ujung tangkai daun singkong untuk bab tangan ini menyerupai ditunjukkan oleh Gambar 7.
  • Kemudian kita akan menyatukan dengan bersahabat tangan dengan badan. Caranya, bagi menjadi 3 bab tangkai daun yang mengarah ke bawah. Bagian ini yaitu sisa tangkai ketika menciptakan bab kepala sebelumnya. buat anyaman menyerupai menciptakan kepang rambut. Tidak usah banyak-bayak. Ayaman ini akan membentuk tubuh dan sekaligus menjepit tangan wayang yang gres dipasang. Perhatikan Gambar 8.
  • Ambil lagi setangkai daun singkong. Kali ini juga dibuang daun-daunnya. Ikatkan begitu saja ke bab batas daun dan tangkai untuk merangkum semua tangkai daun singkong. Jangan lupa rapikan susunan daun sehingga ia sekaligus berfungsi sebagai kain (baju) dari wayang kita.
  • Terakhir, patahkan (lipat) tangan wayang menyerupai ditunjukkan Gambar 8 tersebut.
  • Nah, selesai sudah. Praktis ternyata bukan untuk menciptakan sebuah wayang dari beberapa helai daun singkong itu?
  • Oh iya, bekerjsama kau juga sanggup menciptakan wayang sejenis dari materi yang berbeda, contohnya dari daun karet, batang jerami padi, atau batang rumput.
 Mainan Tradisional Wayang dari Daun Singkong Cara Membuat Wayang Daun Singkong
cara menambahkan tangan dan tubuh wayang dari daun singkong
Demikian tutorial cara menciptakan wayang dari daun singkong. Semoga bermanfaat dan menginspirasi. Wassalam.

:
Cara Membuat Mainan Tradisional Cangkirik dari Biji Karet
Cara Membuat Boneka Domba dari Kardus Bekas
Membuat Burung dari Janur Kelapa
Langkah-Langkah Membuat Kincir Angin Mini
Cara Buat Keris dari Daun Kelapa
Membuat Mainan Tradisional Kepiting dari Janur

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Menciptakan Wayang Daun Singkong"

Posting Komentar