Origami Untuk Anak Tk : Rumah

Origami Rumah Sederhana untuk Anak TK 

Origami itu tidak harus sulit. Apalagi kalau ditujukan untuk diajarkan pada belum dewasa yang masih kecil. Mereka masih memiliki kemampuan koordinasi otot-otot jari tangan yang belum sempurna. Akan tetapi, kemampuan koordinasi otot-otot jari dan tangan harus dilatihkan kepada mereka akan menjadi semakin baik. Selain itu, melipat kertas origami kepada belum dewasa Taman Kanak-kanak akan menciptakan daya ijaminasi mereka berkembang sebab mereka dihadapkan pada bentuk-bentuk yang sedikit abnormal (tidak tepat perwujudannya). Salah satu pola origami yang cocok untuk anak usia 4 hingga 6 tahun ialah origami rumah yang sederhana ini. Adanya bentuk atap yang miring serta cerobong asap di pecahan samping akan menciptakan mereka serta merta sanggup berimajinasi bahwa itu ialah rumah. Jika diinginkan mereka juga mencoret-coret sesuatu pada origami itu, mereka sanggup diajarkan menggambar pintu dan daun jendela beling berbentuk kotak-kotak dengan spidol atau pensil. Jika tertarik mengajarkan belum dewasa anda origami rumah ini, lanjutkan membaca tutorialnya berikut.
 Apalagi kalau ditujukan untuk diajarkan pada anak Origami Untuk Anak Taman Kanak-kanak : Rumah
origami rumah untuk belum dewasa Taman Kanak-kanak (sangat sederhana)

Cara Melipat Kertas Origami Membentuk Rumah

  • Sediakan kertas origami ukuran apa saja, yang penting jangan terlalu kecil biar gampang mereka tangani. Warna apapun boleh dan lebih bebas ketimbang ketika kita menciptakan origami binatang.
  • Lipat dua kertas menurut sisi-sisinya menyerupai Gambar 1.
  • Buka kembali lipatan tersebut. Garis lipatan akan kita gunakan sebagai garis bantu untuk lipatan kedua.
  • Pada lipatan kedua origami rumah ini, kita akan mulai membentuk pecahan atap rumah. Lipat sudut kanan dan sudut kiri pecahan atas kertas menuju garis yang telah dibentuk di langkah awal tadi. Perhatikan Gambar 2. Hmmm... menyerupai lipatan ketika kita akan menciptakan origami pesawat terbang ya. 
 Apalagi kalau ditujukan untuk diajarkan pada anak Origami Untuk Anak Taman Kanak-kanak : Rumah
lipatan-lipatan awal
  • Jadinya akan menyerupai gambar 3. 
  • Pada Gambar 3 ini juga ditunjukkan bahwa kita akan melipat kertas pecahan pembentuk atap tadi kembali ke arah atas, tetapi dengan ukuran lebih kecil. Lipat saja tanpa memperhatikan ukuran, yang terpenting sebagian sudut kertas origami muncul melewati lipatan miring pecahan atap. Ini ialah pecahan yang nantinya akan membentuk cerobong asap. Kalau ada cerobong asap. jadi terbayang rumah-rumah di wilayah dengan 4 animo kan? Makara ingat rumah-rumah jaman dulu dalam buku-buku dongeng dongeng macam rumahnya 7 Kurcaci sobat SnowWhite. He...ehe..hee...
  • Kalau sudah dilipat, jadinya menyerupai Gambar 4.
 Apalagi kalau ditujukan untuk diajarkan pada anak Origami Untuk Anak Taman Kanak-kanak : Rumah
mulai melipat pecahan atap dan cerobong asap
  • Berikutnya, biar kesan rumah lebih ramping dan tinggi (selaras dengan bentuk rumah bercerobong asap), maka lipatlah sedikit sisi kanan dan kiri kertas (perhatikan Gambar 5). Lalu... balikkan kertas.
  • Ta..raaaa!!! Rumah dengan cerobong asapnya sudah jadi. (Gambar 6)
  • Kalau anda suka mengajak anak mencoret-coret origaminya, ajarkan mereka cara menggambar daun pintu dan daun jendela pada origami rumah tersebut.
 Apalagi kalau ditujukan untuk diajarkan pada anak Origami Untuk Anak Taman Kanak-kanak : Rumah
sentuhan akhir: lipatan kecil merampingkan bentuk origami rumah
Demikian cara menciptakan origami bentuk rumah dengan cerobong asap yang sangat mudah. Gampang sekali untuk mengajarkannya pada belum dewasa Taman Kanak-kanak (usia 4 hingga 6 tahun).

:
Origami untuk Anak Taman Kanak-kanak : Ikan Mas Koki
Origami Kecebong (Anak Kodok)
8 Tutorial Origami Praktis untuk Anak-Anak
Hiasan Dinding dari Kayu Stik Es
Cara Membuat Udang dari Sedotan Plastik 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Origami Untuk Anak Tk : Rumah"

Posting Komentar