Bunga Bagus Kreasi Kantong Plastik

Bunga Cantik Hanya Berbahan Kantok Plastik Bekas

Bunga yang anggun dan indah sanggup dibentuk dari materi limbah. Kadang bahannya sangat sederhana dan gampang didapat, contohnya kantong plastik. Pada kehidupan sehari-hari kita banyak memakai kantong plastik. Hitung saja, dari pagi hingga malam hari kita tidur, berapa banyak kita memakai kantong plastik? Belum lagi kalau kita bicara soal orang-orang yang berbelanja di pasar. Bayangkan, berapa lembar kantong plastik yang secara potensial yaitu pencemar bagi lingkungan terutama tanah dan air. Karena itu ajuan penggunaan kantong plastik dengan berbahan yang lebih gampang diuraikan oleh kuman tentunya harus disambut dengan baik. Hanya saja mungkin ide ini lebih sulit diterapkan sebab tentu materi dasar plastik yang lebih gampang diuraikan di alam ini lebih mahal.

Oke, balik lagi ke soal bunga yang anggun pada gambar di bawah ini. Ia merupakan salah satu referensi bagaimana kita sanggup memanfaatkan kantong plastik bekas menjadi barang lain yang sanggup dimanfaatkan sebagai penghias ruangan (bahan dekorasi), atau bahkan bukan mustahil sanggup dijadikan sebagai sumber penghasilan. Ada banyak referensi orang-orang kreatif yang bisa menghasilkan uang dari barang-barang bekas macam kantong plastik ini.

Oh ya, mungkin anda tertarik untuk mencoba menciptakan bunga menyerupai gambar di bawah? Walaupun sekilas mirip, cara pembuatannya sedikit berbeda dengan Cara Membuat Bunga yang Praktis dari Kantong Plastik Bekas yang sebelumnya telah diberikan tutorialnya.

Berikut kami berikan tutorial (cara pembuatan) bunga anggun kreasi kantong plastik ini. Simak klarifikasi dan gambarnya ya...
 Bunga Cantik Hanya Berbahan Kantok Plastik Bekas Bunga Cantik Kreasi Kantong Plastik
cantik bukan bunga kreasi kantong kresek ini?

Cara Membuat Bunga Cantik dari Kantong Plastik

Alat dan Bahan

Sediakanlah alat-alat dan bahan-bahan berikut:
  • kantong plastik yang agak tebal. Saya memakai warna merah pada tutorial ini. Anda sanggup memakai warna lain favorit anda atau menurut ketersediaan kantong plastik dari kotak penyimpanan materi kerajinan tangan anda.
  • kawat ukuran sedang untuk tangkai bunga. Panjang lebih kurang 20 cm.
  • lilin dan korek api
  • tang
  • gunting.

Langkah-Langkah Membuat

Ikuti penjelasannya dan perhatikan gambar-gambarnya
  • Hamparkan kantong plastik di atas lantai atau meja. Rapikan seluruh belahan terutama sudut-sudutnya.
  • Gunting kantong plastik sehingga anda mendapat potongan-potongan kantong plastik ukuran 8 cm x 8 cm. Jika ingin bunga yang lebih besar, anda sanggup memotong hingga ukuran 12 cm x 12 cm. Atau kalau ingin lebih kecil, anda sanggup memotong hingga ukuran 6 cm x 6 cm.
 Bunga Cantik Hanya Berbahan Kantok Plastik Bekas Bunga Cantik Kreasi Kantong Plastik
menyiapkan potongan 8 cm x 8 cm
  • Buatlah pada setiap potongan plastik itu mahkota bunga menyerupai Gambar 3 berikut. Caranya sangat mudah. Anda sanggup menciptakan sebuah pola terlebih dahulu di atas selembar kertas karton ataulangsung melipatnya. Cara menggunting bentuk mahkota bunga menyerupai ini dengan cara melipat sama persis dengan cara menggunting kertas bentuk bintang yang tutorialnya sanggup dibaca di sini: Cara Melipat dan Menggunting Kertas Bentuk Bintang.
  • Sediakan untuk sekuntum bunga 5 hingga 6 helai mahkota.
 Bunga Cantik Hanya Berbahan Kantok Plastik Bekas Bunga Cantik Kreasi Kantong Plastik
mahkota atau kelopak segilima
  • Selanjutnya, menyerupai tutorial menciptakan bunga paling gampang dari kantong plastik, maka buatlah inggit-inggit pada tepi mahkota bunga dengan cara "merobek"-nya.
  • Lakukan pada seluruh tepi mahkota.
 Bunga Cantik Hanya Berbahan Kantok Plastik Bekas Bunga Cantik Kreasi Kantong Plastik
memberi inggit-inggit pada tepi kelopak bunga
  • Berikutnya buatlan lipatan pada mahkota, pada belahan tengah helaian mahkota. Lalu panaskan dengan api dari lilin. Bekas lipatan yang dibakar akan menguatkan helaian mahkota sehingga lebih kaku dan selain itu juga berkhasiat untuk menciptakan helaian plastik menjadi mengerucut menuju titik pusatnya.
 Bunga Cantik Hanya Berbahan Kantok Plastik Bekas Bunga Cantik Kreasi Kantong Plastik
membuat lipatan pada tiap helai kelopak bunga
  • Bila semua mahkota telah siap, kini siapkan pula putik bunga.
  • Caranya, gumpalkan sehelai lembaran kantong plastik ukuran 8 cm x 8 cm yang lain, kemudian ikan dengan kawat. Gunakan tang untuk mempermudah pekerjaan anda. Lihatlah Gambar 6 berikut.
 Bunga Cantik Hanya Berbahan Kantok Plastik Bekas Bunga Cantik Kreasi Kantong Plastik
menyiapkan putik dan tangkai bunga
  • Kemudian, satu persatu, masukkan mahkota (kelopak) bunga. Cobalah mengurutkannya dari yang terkecil dulu gres terakhir yang paling besar. Walaupun kita menciptakan helaian mahkota dengan pola atau memakai plastik dengan ukuran yang sama, proses pengguntingan dan pelipatan (pemanasan) menjadikan lebar mahkota (kelopak) bunga sanggup berbeda ukurannya.
 Bunga Cantik Hanya Berbahan Kantok Plastik Bekas Bunga Cantik Kreasi Kantong Plastik
memasang kelopak pada tangkai bunga dan putik
  • Rapatkan hingga ke ujung benang sati menyerupai Gambar 8.
  • Tutup belahan bawah bunga (sisa ikatan putik) dan mahkota dengan floral tape atau kertas warna hijau. Tutupi juga seluruh tangkai kawat.
  • Buatlah beberapa kuntum bunga. Padukan dengan daun yang banyak dijual di toko kerajinan tangan, atau mungkin anda sanggup membuatnya sendiri dari kantong plastik warna hijau atau kertas.
  • Rangkai dalam pot atau vas bunga.
  • Selesai.
 Bunga Cantik Hanya Berbahan Kantok Plastik Bekas Bunga Cantik Kreasi Kantong Plastik
bunga anggun ini dari kantong kresek bekas

Demikian cara memnbuat bunga anggun kreasi kantong plastik bekas, biar bermanfaat dan menginspirasi. Wassalam.

:
Cara Membuat Bunga Dahlia dari Kantong Plastik Bekas
Cara Membuat Bunga Lavender dari Kantong Plastik Bekas
Cara Membuat Bunga Rumput dari Sedotan Plastik
Cara Membuat Bunga Zinnia dari Kantong Kresek
12 tutorial Membuat Bunga dari Barang Bekas
Cara Buat Bunga Pita dari Bekas Kemasan Plastik dan Kaleng Aluminium

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Bunga Bagus Kreasi Kantong Plastik"

Posting Komentar