Pupns Sekolah Tidak Ditemukan Pada Form Data Riwayat Pendidikan

Tolong, Sekolah Tidak Ditemukan pada Data Riwayat PUPNS

Saat ini, sebagai seorang PNS (Pegawai Negeri Sipil), saya sedang disibukkan dengan urusan melaksanakan pendaftaran (pendaftaran ulang) pada situs PUPNS. Ternyata tidak praktis melakukannya alasannya situs milik BKN ini ramai-ramai diakses oleh para pegawai negeri sipil di seluruh pelosok tanah air.  Kita harus pandai-pandai mencari waktu yang sempurna ketika server tidak sedang ramai dikunjungi para pns yang ingin login mengupdate data mereka secara online.

Nah, pada suatu kesempatan, ketika saya akan mengisi Data Riwayat - Pendidikan, saya menemukan hambatan pada ketika ingin melengkapi data nama sekolah saya sewaktu masih Sekolah Menengah Pertama dulu. Lihatlah form berikut ini. Saya mendapati pada form nama sekolah ketika saya mengetikkan nama Sekolah Menengah Pertama sesuai dengan ijazah saya, sistem PUPNS menyampaikan bahwa Sekolah Menengah Pertama saya tidak ditemukan dalam database mereka. Tolong... Apa yang harus saya lakukan?

Setelah sedikit baca-baca buku petunjuk dan bertanya dengan seorang mitra yang telah simpulan melewati formulir Data Riwayat - Pendidikan ini saya mengetahui penyebabnya dan berhasil memecahkan problem ini. Mau tau caranya? Hihi... siapa tau anda juga mengalami problem yang sama dengan saya terkait Pendaftaran Ulang Pegawai Negeri Sipil yang sedang digenjot oleh BKN (Badan Kepegawaian Negara) ini. Ayo disimak.

 Sekolah Tidak Ditemukan pada Data Riwayat PUPNS PUPNS Sekolah Tidak Ditemukan pada Form Data Riwayat Pendidikan
aduh, tolong... data sekolah untuk data riwayat pendidikan saya tidak ditemukan

Penyebab Data Sekolah Tidak Ditemukan pada PUPNS

Menurut saya (dan juga teman) yang telah membantu saya, ada 2 kemungkinan penyebab mengapa data riwayat untuk pendidikan, ialah nama sekolah daerah kita bersekolah dulu tidak sanggup ditemukan oleh sistem PUPNS.


Pertama, data itu memang belum dimasukkan ke dalam sistem oleh pengelola situs PUPNS ini. Mungkinkah hal ini terjadi? Tentu saja mungkin. Sistem yang terdapat dalam PUPNS dibentuk oleh manusia, jadi bukan mustahil suatu kesalahan terjadi. Tapi tenag saja, ada solusinya kok.

Kedua, penyebab data sekolah tidak ditemukan untuk data riwayat pendidikan alasannya kita salah mengetikkan nama sekolah kita. Misalnya saja begini. Kita pada form mengetikkan Sekolah Menengah Pertama Negeri Alabio, padahal pada sistem, nama sekolah itu didata dengan format SMPN Alabio. Nah, ketidaksamaan format sanggup menjadikan kita tidak menemukan nama sekolah yang kita cari.

Ketiga, inilah yang terjadi pada saya. Data pada sistem PUPNS menggunakan nama sekolah terbaru. Kita tahu nama-nama sekolah kini banyak mengalami perubahan. Lihatlah ijazah kita, dan bandingkan dengan nama sekolah kita dulu itu dengan namanya sekarang. Pergantian nama sanggup menjadikan data nama sekolah untuk data riwayat pendidikan tidak sanggup ditemukan oleh sistem. Sistem hanya memuat nama-nama sekolah ketika ini. Bayangkan, bila dulu yang sekolah di kejuruan contohnya menggunakan nama SMEA, kini namanya telah diubah menjadi SMK.

Cara Mengatasi Masalah Sekolah Tidak Ditemukan pada Data Riwayat PUPNS 

Baiklah, kini saya akan menjelaskan pengalaman saya untuk mengatasi problem ini.
  • Cobalah untuk mengecek nama sekolah anda sekarang. Pergilah ke sekolah tersebut untuk mengetahui perubahan nama yang terjadi. Dalam kurun waktu puluhan atau belasan tahun, sanggup saja sekolah telah berubah nama, bahkan bukan mustahil hingga beberapa kali perubahan nama. Nah, pakailah nama terbaru sekolah tersebut. Jangan terpaku pada nama sekolah yang tercantum pada ijazah. Inilah yang saya alami. Saya mengetikkan nama sekolah menurut ijazah, jadi tak ditemukan deh. Pas saya coba ganti dengan nama sekolah ketika ini. Eh... berhasil.
  • Oh iya, untuk anda yang telah mencoba cara di atas, atau telah mencoba mengganti kata Sekolah Menengah Pertama Negeri dengan SMPN (misalnya) tapi tetap sekolah daerah anda menempuh pendidikan dulu tidak ditemukan juga, maka mungkin anda harus minta derma helpdesk (admin PUPNS dari BKN di Jakarta sono). Caranya, klik TOMBOL TANDA TANYA WARNA MERAH PADA UJUNG KANAN KOLOM FORM, otomatis akan terbuka sebuah jendela pop up menyerupai gambar di bawah ini. Nah, selanjutnya isikan kolom INSTANSI, dan NAMA SEKOLAH. Lalu klik TOMBOL KIRIM yang berwarna biru pada pecahan bawah jendela pop up. Selanjutnya anda tinggal menunggu jawaban helpdesk atau anda coba lagi mengisikan form nama sekolah anda, siapa tahu sudah dimasukkan ke dalam sistem data base mereka (PUPNS).
 Sekolah Tidak Ditemukan pada Data Riwayat PUPNS PUPNS Sekolah Tidak Ditemukan pada Form Data Riwayat Pendidikan
form derma data riwayat sekolah tidak ditemukan
Demikian Cara Mengatasi Masalah Sekolah Tidak Ditemukan pada Data Riwayat PUPNS, supaya bermanfaat. Selamat mengisi data online anda. Wassalam.

:
Cara Mengedit atau Meng Up date Data Riwayat Pendidikan pada Sistem PUPNS Online BKN
Cara Mengetahui Kembali Kode Registrasi yang Kelupaan Saat Ingin Login di PUPNS BKN
PUPNS 2015: Lupa Kata Kunci (Password) untuk Login dan Cara Mengatasinya
PUPNS 2015, Cara Mengisi, Mengedit, atau Menambahkan DATA UTAMA Kepegawaian Anda
Cara Registrasi e-PUPNS 2015 secara Online di situs BKN Cara Menambahkan Data Guru - Riwayat Mengajar di PUPNS 2015 Data Terlanjur Terkirim Padahal Ada yang Masih Salah dan Ingin di Edit

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pupns Sekolah Tidak Ditemukan Pada Form Data Riwayat Pendidikan"

Posting Komentar