Perkembangan Dan Pandangan Hebat Psikologi Pendidikan

Apakah Perkembangan Itu?

Istilah perkembangan pada definisi berdasarkan para jago psikologi mengacu pada perubahan-perubahan yang terjadi pada seseorang semenjak di dalam kandungan sampai meninggal. Istilah perkembangan tidak selalu diterapkan pada semua perubahan yang terjadi, tetapi hanya mengacu pada perubahan-perubahan yang terjadi secara berurutan dan tetap bertahan dalam jangka waktu yang lama. Perubahan-perubahan singkat yang terjadi lantaran alasannya yaitu menyerupai sakit, contohnya, tidaklah dimasukkan ke dalam perubahan perkembangan. Para jago psikologi sesungguhnya juga telah menciptakan komitmen mengenai perkembangan. Menurut para jago perkembangan  yaitu perubahan-perubahan untuk menjadi lebih baik (lebih maju) dan berdampak pada tingkah laris (perilaku) sehingga menjadi lebih adaptif, lebih terorganisasi, lebih efektif, dan lebih kompleks (Mussen, Conger, & Kagan, 1984).

 Istilah perkembangan pada definisi berdasarkan para jago psikologi mengacu pada perubahan Perkembangan dan Pandangan Ahli Psikologi Pendidikan
apakah perkembangan itu?

Perkembangan insan sanggup dibagi menjadi beberaca macam aspek, yaitu perkembangan fisik (physical development), perkembangan kepribadian (personal development), perkembangan sosial (social development), dan perkembangan kognitif (cognitive development). Perkembangan fisik berafiliasi dengan perubahan-perubahan yang ada pada badan seseorang secara fisik. Perkembangan kepribadian yaitu perkembangan yang berafiliasi dengan perkembangan dalam kepribadian seseorang. Perkembangan sosial yaitu perkembangan  yang mengacu pada perubahan-perubahan bagaimana seseorang berafiliasi dengan orang lain. Sedang perkembangan kognitif yaitu perubahan-perubahan yang terjadi pada proses berpikir seseorang.



Banyak sekali perubahan-perubahan selama proses perkembangan yang secara sederhana sesungguhnya yaitu proses pertumbuhan dan pendewasaan (pematangan). Pematangan atau pendewasaan mengacu pada perubahan-perubahan alamiah dan impulsif menyerupai tumbuh membesar, meninggi, dan ini merupakan proses yang melibatkan genetik (faktor-faktor pembawa sifat yang diwarisi dari orang tua). Perubahan-perubahan yang berkaitan dengan pendewasaan dan pertumbuhan ini selalu terjadi seiring berjalannya waktu dan relatif tidak dipengaruhi oleh lingkungan, kecuali pada kasus-kasus menyerupai kekurangan nutrisi (gizi) atau penyakit tertentu yang diderita seseorang. Beberapa kategori perkembangan fisik masuk ke dalam kriteria ini. Perkembangan yang lain terjadi lantaran proses berguru dan proses ketika seseorang berinteraksi dengan lingkungannya. Perubahan-perubahan tersebut di atas membentuk bab besar dari perkembangan sosial sesorang. Lalu bagaimanakah dengan perkembangan cara berpikir (kognitif) dan kepribadian? Kebayakan jago psikologi baiklah bahwa pada aspek ini baik pendewasaan dan interaksi dengan lingkungan (alamiah dan pembiasaan) sangatlah penting.



Prinsip-Prinsip Perkembangan Menurut Para Ahli Psikologi Pendidikan

Beberapa prinsip perkembangan pada seseorang yang secara umum disetujui oleh para jago psikologi antara lain:

#1. Setiap Orang Berkembang Dengan Kecepatan Yang Berbeda-Beda

Pada suatu kelas, guru akan mempunyai suatu pola range bagaimana perkembangan setiap siswa itu berbeda-beda. Beberapa anak akan terlihat bertubuh lebih besar, lebih tinggi. Beberapa anak yang lain tampak lebih terkoordinasi gerakannya. Sementara siswa atau anak yang lain telah menawarkan kedewasaan atau kematangan dalam berpikir.Hal ini sesungguhnya yaitu hal yang masuk akal kecuali pada beberapa masalah ketika seorang siswa atau anak tampak terlalu cepat berkembang atau terlalu lambat. Ini akan menawarkan bagaimana ia begitu berbeda dari bawah umur yang lainnya. Dan, mungkin saja dalam kependidikannya, ia membutuhkan perlakuan khusus.

#2. Perkembangan Seseorang Relatif Terjadi Secara Berurutan

Semua orang berkembang dalam urutan atau tahapan tertentu. Pada ketika bayi, mereka akan berguru duduk terlebih dahulu sebelum berguru berdiri, menggumam sebelum berbicara, dan melihat dunia dari cara pandang mereka sendiri sebelum mereka sanggup memandang bagaimana orang lain melihat dunia. Pada pelajaran matematika, mereka terlebih dahulu akan menguasai penjumlahan sebelum sanggup mengerjakan aljabar, begitu seterusnya. Para jago psikologi sanggup saja berbeda pandangan satu sama lain soal mana tahapan yang lebih dahulu, tetapi semua jago psikologi baiklah bahwa perkembangan itu terjadi dalam tahap-tahap yang berurutan.

#3. Perkembangan Terjadi Secara Berangsur-Angsur

Perkembangan tidak terjadi dalam semalaman atau dalam waktu yang sangat singkat tetapi terjadi secara perlahan-lahan (berangsur-angsur). Siswa kelas satu tidak akan eksklusif mahir memegang dan memakai pensil. Tetapi dengan bersama waktu mereka akan menguasainya. Siswa tak akan eksklusif berilmu mengemukakan pertanyaan-pertanyaan hipotetis, tetapi akan berguru bertahap dengan seringnya mereka melakukannya (melatihnya).

Guru Efektif
Penyusunan RPP
Memelihara Motivasi Siswa
ZPD (Zone of Proximal Development) 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Perkembangan Dan Pandangan Hebat Psikologi Pendidikan"

Posting Komentar