Pembelajaran Inkuiri: Siswa Berguru Secara Mendalam

Sebuah kelas yang didalamnya diterapkan pembelajaran inkuiri akan mendorong siswanya untuk berguru suatu permasalahan secara lebih mendalam. Siswa mencari sendiri jawaban-jawaban yang mereka buat melalui bermacam-macam sumber informasi yang mungkin  diperolehnya. Akan tetapi hal ini tidak semudah itu berlangsungnya, harus ada iklim berguru yang mendukung dan adaptasi dari guru biar siswa terbiasa menjadi pebelajar mandiri.

Budaya dan iklim kelas yang mendukung pembelajaran inkuiri yakni mutlak biar pelaksanaan proses berguru secara inkuiri ini sukses. Paling tidak guru harus memperhatikan budaya dan iklim kelas berikut ini.

Sebuah kelas yang didalamnya diterapkan pembelajaran inkuiri akan mendorong siswanya untuk Pembelajaran Inkuiri: Siswa Belajar secara Mendalam
guru harus bisa memodelkan proses inkuiri dalam pembelajarannya

Guru Juga Memberikan Teladan Bagaimana Berpikir Secara mendalam Melalui Inkuiri

Perlu dicatat oleh guru bahwa bila ia ingin siswanya ber-inkuiri selama proses pembelajaran di kelasnya, maka ia juga harus bisa memodelkan bagaimana berpikir dan berguru dengan proses inkuiri. Belajar dengan inkuiri memerlukan perencanaan yang matang dari guru. Ia sanggup memulai dengan menyiapkan beberapa stimulus dan pertanyaan-pertanyaan yang akan menciptakan siswa dan dirinya sendiri berusaha mencari tahu perihal topik yang sedang dibahas. Guru perlu memodelkan kepada siswa bagaimana ia berpikir, mencakup pengajuan pertanyaan, proses pengumpulan informasi, sampai mengolah informasi yang diperoleh itu untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan yang tadi diajukan. Juga, guru perlu mengajarkan bagaimana merevisi pertanyaan-pertanyaan yang telah diajukan menjadi pertanyaan-pertanyaan gres sehingga pembelajaran inkuiri itu selalu bersiklus. Ini akan menciptakan guru dan siswa yang terlibat dalam pembelajaran inkuiri akan berguru secara lebih mendalam, dan tentunya nanti juga akan memperlihatkan pemahaman yang lebih mendalam pula perihal topik yang sedang dikaji.


Komunitas dan Iklim Kelas yang Nyaman untuk Pembelajaran Inkuiri

Guru harus mempersiapkan iklim dan budaya kelas yang nyaman untuk melaksanakan proses pembelajaran inkuiri. Di dalam kelas yang menyerupai ini, siswa atau guru sanggup dengan nyaman berbicara secara bergiliran sementara yang lainnya mendengarkan. Semua orang merasa bebas dan nyaman untuk menyuarakan inspirasi atau gagasan atau melontarkan pertanyaan yang "terdengar paling bodoh" sekalipun. Tidak ada rasa aib atau segan alasannya yakni takut diejek atau terintimidasi.

Lebih Sering Melaksanakan Pembelajaran Berbasis Inkuiri

Biar bagaimanapun, berlatih yakni kunci untuk membiasakan otak dan pikiran siswa, juga untuk guru. Keterampilan berpikir melaksanakan proses inkuiri akan tumbuh dengan sendirinya bila guru sering menerapkan pembelajaran inkuiri di dalam kelasnya.

Integrasi Teknologi dalam Pembelajaran Inkuiri

Kehidupan siswa jaman kini yakni kehidupan yang dekat dengan teknologi, utamanya teknologi informasi. Gunakan informasi-informasi yang berbasis teknologi informasi untuk mendukung sumber belajar. Siswa lebih menyukai interaksi dengan teknologi ini, walaupun tetap guru juga menyediakan bermacam-macam sumber lain yang sesuai dengan topik pembelajaran. Biar bagaimanapun juga, selain integrasi teknologi, penggunaan materi dan sumber yang variatif juga sangat penting.

Pembelajaran Relevan dengan Kehidupan Sehari-Hari

Siswa hidup dengan lingkungannya, dan lingkungan mereka yakni hal yang tak sanggup dipisahkan dari mereka. Karena itu selalulah berusaha untuk menciptakan pembelajaran inkuiri yang dilaksanakan di kelas sesuai dengan kehidupan mereka sehari-hari. Isu-isu yang sedang hangat di kalangan siswa sanggup diangkat sedemikian rupa secara kreatif sehingga menarik dan bermakna bagi mereka.

Langkah-Langkah Model Pembelajaran Inkuiri
Kelebihan dan Kelemahan Model Pembelajaran Inkuiri
Prinsip-Prinsip Pembelajaran Inkuiri
Pembelajaran Inkuiri : Fakta-Fakta

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pembelajaran Inkuiri: Siswa Berguru Secara Mendalam"

Posting Komentar