Raih Kesempatan Memperoleh Beasiswa S-1 Dan S-2 Untuk Guru Sma Dan Smk Tahun 2016 Dari Kemdikbud

Kesempatan Beasiswa S-1 dan S-2 untuk Guru Sekolah Menengan Atas dan Sekolah Menengah kejuruan tahun 2016 dari Kemdikbud

Pemerintah sebagaimana amanat Undang-undang Nomor 14 tahun 2005 wacana Guru dan Dosen, mempunyai komitmen yang besar lengan berkuasa untuk membantu guru-guru Sekolah Menengan Atas dan Sekolah Menengah kejuruan yang kualifikasi pendidikannya belum S1 atau D4. Kita telah mengetahui bersama bahwa dalam UU Guru dan Dosen tersebut guru memang wajib mempunyai kualifikasi akademik paling kurang sarjana (S-1)/D4. Di tahun anggaran 2016 ini maka pemerintah dalam hal ini Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan melalui Direktorat Pembinaan Guru Dikmen (Pendidikan Menengah), Direktorat Jenderal GTK (Guru dan Tenaga Kependidikan) akan meluncurkan aktivitas berupa tunjangan berupa kesempatan untuk mengikuti pendidikan bagi guru Sekolah Menengan Atas dan SMK. Adapun rincian jenis tunjangan serta sasaran yang akan diberikan ialah sebagai berikut :

 mempunyai komitmen yang besar lengan berkuasa untuk membantu guru Raih Kesempatan Memperoleh Beasiswa S-1 dan S-2 untuk Guru Sekolah Menengan Atas dan Sekolah Menengah kejuruan tahun 2016 dari Kemdikbud
ayo raih kesempatan emas beasiswa 60 juta rupiah untuk guru SMA/SMK dan tunjangan dana kuliah 5 juta - 10 juta rupiah per tahun dari kemdikbud

  • Bantuan Dana untuk mengikuti pendidikan S-1, dengan jumlah guru sasaran sebanyak 2.364 guru

Bantuan dana pendidikan akan diberikan dengan jumlah kouta sebanyak 2.364 guru yang dikala ini tengah menuntaskan kuliah S1 mereka. Adapaun jumlah tunjangan dana yang akan diberikan besarannya ialah 5 juta rupiah per tahun.

  • Bantuan Dana untuk mengikuti pendidikan S-2, dengan jumlah guru sasaran sebanyak sasaran 250 guru

Bantuan dana pendidikan akan diberikan dengan jumlah kouta sebanyak 250 guru yang dikala ini tengah menuntaskan kuliah S2 mereka. Adapun jumlah tunjangan dana yang akan diberikan besarnya ialah 10 juta rupiah per tahun.

  • Beasiswa untuk mengikuti pendidikan S-2, dengan jumlah guru sasaran sebanyak 638 guru. 

Beasiswa untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang S2 dengan jumlah kouta sebanyak 638 guru yang mempunyai minat untuk meningkatkan kualifikasi pendidikannya dalam mengikuti aktivitas S2. Adapun besar dana beasiswa yang akan disediakan per orang selama 2 tahun ialah 60 juta rupiah yang terdiri dari 2 komponen yaitu biaya pendidikan dan biaya hidup.

Persyaratan untuk Memperoleh Beasiswa S2 tahun anggaran 2016 bagi guru SMA/SMK

Adapun syarat-syarat calon akseptor beasiswa S2 tahun anggaran 2016 dari Kemdikbud untuk guru Sekolah Menengan Atas dan Sekolah Menengah kejuruan ialah sebagai berikut:
  • Calon akseptor beasiswa ialah Guru SMA/SMK yang berstatus sebagai PNS.
  • Calon akseptor beasiswa ialah Guru SMA/SMK yang diselenggarakan oleh masyarakat, yang berstatus guru tetap yayasan (GTY),
  • Calon akseptor beasiswa ialah Guru Honorer di SMA/SMK negeri harus mempunyai SK Kepala Dinas Pendidikan sebagai guru honor.
  • Calon akseptor beasiswa ialah Berusia maksimum 40 tahun pada tanggal 1 September 2016 yang dibuktikan dengan fotokopi Kartu Tanda Penduduk yang dilegalisasi oleh pejabat berwenang.
  • Bagi calon akseptor beasiswa yang berada di  daerah  3T (terpencil,  tertinggal,  dan  terluar) usia maksimum 42 tahun per 1 September 2016 dan sanggup dibuktikan dengan fotokopi KTP yang disyahkan oleh pejabat yang berwenang, dan SK pejabat berwenang mengenai penetapan tempat 3T.
  • Calon akseptor beasiswa ialah Lulusan S-1 dari aktivitas studi yang mempunyai ratifikasi dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT), serta harus memenuhi Indek Prestasi Kumulatif (IPK) paling kurang 2,75  hal ini harus dibuktikan melalui fotokopi ijazah dan transkrip yang disyahkan pejabat berwenang.
  • Calon akseptor beasiswa ialah mempunyai pengalaman mengajar paling kurang 2 (dua) tahun dengan dibuktikan oleh fotokopi SK pengangkatan pertama (ditambah dengan SK Daerah khusus bagi guru-guru yang berada di tempat 3T) yang disyahkan pejabat berwenang.
  • Calon akseptor beasiswa ialah telah memperoleh izin berguru dari pejabat berwenang untuk mengikuti aktivitas peningkatan kualifikasi pendidikan ke S-2, melalui Surat Tugas Belajar dari BKD setempat untuk PNS dan dari Ketua Yayasan bagi guru GTY.
  • Calon akseptor beasiswa yang mempunyai prestasi di bidang akademik dalam kiprah keguruan/kependidikan akan mendapat  prioritas, untuk ini yang bersangkutan sanggup membuktikannya dengan melampirkan piagam, akta atau surat keterangan.
  • Calon akseptor beasiswa tidak sedang menempuh pendidikan atau sudah mempunyai kualifikasi pendidikan di jenjang S2 atau S3.

Adapun isu yang lebih lengkap mengenai aktivitas peningkatan kualifikasi dan apa saja kriteria yang harus dipenuhi oleh para guru Sekolah Menengan Atas dan Sekolah Menengah kejuruan calon akseptor dana tunjangan dan beasiswa untuk mengikuti pendidikan ke jenjang S-1 dan S-2 sanggup didownload melalui yang kami berikan pada link di bawah goresan pena ini.

Program studi yang dibuka dan Perguruan Tinggi Penyelenggara Beasiswa S2

  1. Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn)
  2. Pendidikan Bahasa Indonesia
  3. P e n d id i k an Bahasa Inggris
  4. Pendidikan Matematika
  5. Pendidikan Kimia
  6. Pendidikan Biologi
  7. Pendidikan Fisika
  8. Pendidikan Ekonomi
  9. Pendidikan Geografi
  10. P e n d id i k an Sejarah

Program studi yang tersedia di atas berada di 9 kampus LPTK (Lembaga Pendidikan Tenaga Keguruan) yang merupakan kawan dari Direktorat Pembinaan Guru Pendidikan Menengah Direktorat Jenderak GTK Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, dengan kuota untuk setiap masing-masing LPTK yang akan diatur kemudian. Adapun 9 Lembaga Pendidikan Tenaga Keguruan yang akan menjadi tempat pelaksanaan perkuliahan bagi akseptor beasiswa S2 ini  ialah sebagai berikut:
  1. Universitas Negeri Surabaya (Unesa) Surabaya
  2. Universitas Negeri Malang (UM) Malang
  3. Universitas Negeri Medan (UNIMED) Medan
  4. Universitas Negeri Jakarta (UNJ) Jakarta
  5. Universitas Negeri Makassar (UNM) Makassar.
  6. Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Bandung
  7. Universitas Negeri Semarang (Unnes) Semarang
  8. Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta
  9. Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) Yogyakarta

Bagi rekan-rekan guru Sekolah Menengan Atas dan Sekolah Menengah kejuruan yang berkeinginan untuk mendapatkan beasiswa S2 dari Kemdikbud ini sanggup mendaftar ke Direktorat Pembinaan Guru Pendidikan Menengah dengan mengirim berkas registrasi mulai 12 Maret 2016 hingga ditutup nanti pada 11 Juni 2016 (stempel pos) melalui alamat:
Subdit PK-PKK
Direktorat Pembinaan Guru Pendidikan Menengah, Ditjen GTK, Kemdikbud
Kompleks Kementerian Pendidikan dan kebudayaan Gedung D Lantai 12
Jalan Jenderal Sudirman, Senayan, Jakarta Pusat
Telp. : 021.57974108
Fax: 0 21.57974108


Tahap Seleksi Calon Penerima Beasiswa S2 Dikmen Tahun 2016

Tahap Seleksi Administratif

Kepada berkas yang masuk akan diadakan seleksi administratif oleh Direktorat Pembinaan Guru Dikmen Ditjen Guru dan Tenaga Kependidikan Kemdikbud atas usulan  calon  peserta dari  setiap  provinsi pada tanggal 16 - 18 Juni 2016.

Tahap Seleksi Akademik

Bagi para calon peserta yang telah berhasil lulus pada seleksi administratif selanjutnya akan mendapatkan usul Direktorat Pembinaan Guru Pendidikan Menengah, Direktorat jenderal GTK pada 18 - 26 Juli 2016, untuk melakukan seleksi akademik. Seleksi akademik ini tentunya akan diselenggarakan oleh PT (LPTK) penyelenggara aktivitas beasiswa S2 bantu-membantu Direktorat Pembinaan Guru Pendidikan Menengah, Direktorat Jenderal GTK Kemdikbud. Rincian seleksi akademik berupa:
  • Seleksi akademik akan didasarkan menurut hasil: (1) Tes Potensi Akademik (TPA) yang akan mengukur kemampuan calon untuk menuntaskan tugas-tugas akademik (scholastic aptitude); (2) Tes Kemampuan Bahasa Inggris: mengukur kemampuan calon akseptor beasiswa S2 untuk  memahami  teks  dalam bahasa  Inggris  (reading comprehension).
  • Selanjutnya skor simpulan dari   peserta akan diolah ke dalam penggabungan hasil TPA dan Tes Kemampuan Bahasa Inggris dengan rincian bobot 70% (Tes Potensi Akademik atau scholastic aptitude) : 30% (Tes Bahasa Inggris atau reading comprehension).
  • Penentuan  kelulusan  calon peserta akseptor beasiswa S2 akan didasarkan  atas  urutan skor simpulan yang telah diperoleh di atas dengan  tetap mempertimbangkan  proporsi  antardaerah,   jumlah peminat,  dan bidang studi yang diambil.

Hasil  seleksi  akademik  ini selanjutnya akan  diumumkan pribadi oleh  PT (Lembaga Pendidikan Tenaga Keguruan) yang menyelenggarakan pendidikan ini melalui Direktorat Pembinaan Guru Pendidikan Menengah, Direktorat Jenderal GTK Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan pada  tanggal 1 - 8 Agustus  2016.

Kewajiban yang Harus Dipenuhi oleh Calon Mahasiswa S2 Penerima Beasiswa Dikmen Kemdikbud 2016

Para calon mahasiswa yang telah dinyatakan lulus seleksi administratif dan seleksi akademik akan mendapatkan aktivitas pembekalan dan wajib mengikuti aktivitas S2 pada perguruan tinggi penyelenggara, bila yang bersangkutan telah memenuhi persyaratan:
  • Telah menyerahkan Surat Tugas Belajar dari pejabat berwenang (dari BKD).
  • Telah menyerahkan surat keterangan sehat;
  • Telah menandatangani surat perjanjian di mana yang bersangkutan tidak akan meminta pindah kiprah sehabis menuntaskan pendidikan, kecuali sebab alasan kedinasan dan kiprah dari pejabat yang berwenang;
  • Telah menandatangani surat perjanjian untuk mengikuti pendidikan jenjang S2 secara penuh waktu;
  • Telah mengisi biodata sesuai dengan format terlampir.
  • Telah menyerahkan fc ijazah dan transkrip S1 yang disyahkan oleh pejabat yang berwenang sebanyak 2 lembar.
  • Telah menyerahkan foto berwarnaterbaru dengan ukuran 3 x 4 (2 lembar).
  • Seluruh dokumen ini harus dikumpulkan ke perguruan tinggi penyelenggara pendidikan S2 beasiswa yang dimaksud dari tanggal 9 hingga dengan 15  Agustus 2016. Kepada para calon mahasiswa yang sudah lulus akan ditempatkan ke perguruan tinggi penyelenggara pendidikan S2 yang dimaksud, dan harus sudah berada di kampus LPTK tersebut paling lambat 22 Agustus 2016 dengan biaya yang akan disediakan oleh Direktorat Pembinaan guru Pendidikan Menengah.
Download Surat Kualifikasi
Download Persyaratan S1 dan S2 lengkap
Download Persyaratan S2

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Raih Kesempatan Memperoleh Beasiswa S-1 Dan S-2 Untuk Guru Sma Dan Smk Tahun 2016 Dari Kemdikbud"

Posting Komentar