Mengapa Guru Harus Paham Psikologi Pendidikan?

Mengapa Guru Harus Paham Psikologi Pendidikan?

Ah mungkin pertanyaan: Mengapa guru harus paham psikologi pendidikan yaitu pertanyaan yang lucu jikalau ditanyakan kepada Bapak dan Ibu Guru. Bukankah demikian? Yup, tapi memang guru harus memahami psikologi pendidikan. Penting sekali kajian ini untuk terus dipelajari. Nah..nah..ini yang sering dilupakan. Beberapa guru yang malas berguru lagi menjadi ketinggalan. Mereka menjadi out of date alasannya yaitu tidak menyadari bahwa perkembangan psikologi pendidikan begitu pesat. Banyak teori-teori psikologi pendidikan gres menyeruak dan mengantikan teori-teori lama, alasannya yaitu teori-teori gres memang lebih logis dan terbukti secara empiris di lapangan kebenarannya.

 Mengapa Guru Harus Paham Psikologi Pendidikan Mengapa Guru Harus Paham Psikologi Pendidikan?
guru mesti memahami psikologi pendidikan


Beberapa guru produk usang (lulusan tempo doeloe), yang tidak mempelajari kembali psikologi pendidikan modern masih akan menerka cara-cara mereka melaksanakan praktik di dunia pendidikan yaitu cara yang terbaik. Buktinya, masih banyak praktik di mana guru menawarkan eksekusi fisik kepada anak; tidak menyadari bahwa dia juga melaksanakan praktik bully (perundungan) kepada siswanya, dan sebagainya.

Kaprikornus kalau ketika ini, ada guru yang malas baca buku-buku keluaran terbaru mengenai psikologi pendidikan, saya mesti bilang gimana... gitu. Hi..hi...

10 Macam Kegiatan yang Memerlukan Pemahaman wacana Psikologi Pendidikan

Psikologi pendidikan yaitu salah satu landasan yang harus dipahami seorang guru dan juga praktisi pendidikan lainnya. Ada banyak hal di lapangan yang membutuhkan pemahaman kita wacana ini, sebagaimana yang disebutkan oleh M. Dalyono dalam buku Psikologi Pendidikan, 2010, ada 10 paling tidak 10 macam aktivitas yang memerlukan pemahaman akan prinsip-prinsip psikologi pendidikan, yaitu:
  • seleksi penerimaan siswa baru
  • perencanaan pendidikan
  • penyusunan kurikulum
  • penelitian pendidikan
  • administrasi pendidikan
  • pemilihan bahan ajar
  • interaksi pembelajaran
  • pelayanan BK
  • metodologi mengajar
  • pengukuran dan evaluasi
Ke 10 hal atau aktivitas tersebut banyak dilakukan guru. Oleh karenanya guru-guru yang tidak memahami psikologi pendidikan dan tidak mau memperbaharui keilmuannya wacana psikologi pendidikan sanggup saja melaksanakan malpraktek. Bisa ancaman bukan. Pendidikan yaitu suatu proses panjang. Jika guru salah dalam melaksanakan prakteknya, maka karenanya gres akan terlihat beberapa puluh tahun mendatang. Jadi, kalau kita mau menjadi guru yang baik, kita harus selalu berusaha mempelajari psikologi pendidikan dan yang terpenting terus mengikuti perkembangan cabang psikologi yang satu ini. Setuju?

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Mengapa Guru Harus Paham Psikologi Pendidikan?"

Posting Komentar