Cara Menyebabkan Pembelajaran Guru Pembelajaran Berpusat Pada Siswa

Cara Menjadikan Pembelajaran Guru Pembelajaran Berpusat pada Siswa

Kebanyakan guru kita ialah guru yang mengajar dengan cara lama. Guru senantiasa menjadi sumber utama pembelajaran. Guru bangun di depan kelas dan memberikan isu dan pengetahuan yang dimilikinya kepada akseptor didik atau siswa, dan seringkali mengabaikan partisipasi aktif mereka. Kita tentu tahu bahwa paradigma berguru jaman kini tidak lagi demikian. Akan tetapi tidak gampang bagi guru untuk beralih menjadi guru yang melakukan pembelajaran yang berpusat pada akseptor didik. Tanpa sadar, ia selalu menguasai hampir seluruh waktu berguru di kelas, dan akseptor didik hanya berlaku pasif. Berikut ini beberapa cara yang sanggup dilakukan oleh guru supaya ia sanggup bergeser fungsinya menjadi fasilitator dan sanggup melakukan pembelajaran yang berpusat pada siswa.

Beberapa cara yang dimaksud itu adalah:
  • Meyakinkan akseptor didik bahwa mereka mampu
  • Fasilitasi siswa dengan merangsang mereka untuk berguru dengan lebih giat
  • Sediakan aneka macam acara berguru bagi akseptor didik
  • Sisipkan "belajar bagaimana belajar" dalam kegiatan pembelajaran
  • Berikan kesempatan berguru yang lebih banyak dengan umpan balik
Baiklah kini akan kita bahas satu per satu cara menimbulkan pembelajaran guru sebagai pembelajaran yang berpusat pada akseptor didik (siswa)

 Cara Menjadikan Pembelajaran Guru Pembelajaran Berpusat pada Siswa  Cara Menjadikan Pembelajaran Guru Pembelajaran Berpusat pada Siswa
Cara Menjadikan Pembelajaran Guru Pembelajaran Berpusat pada Siswa


Meyakinkan Peserta Didik Bahwa Mereka Mampu

Yakinkan akseptor didik bahwa mereka mampu. Ini tentu bukan hal yang gampang jikalau guru itu sendiri tidak yakin bahwa siswanya akan bisa berguru secara mandiri. Nah, alasannya ialah itu, guru harus meyakinkan dirinya sendiri terlebih dahulu bahwa akseptor didiknya bisa belajar. Dengan demikian ia akan menawarkan kesempatan kepada siswa untuk mengerjakan tugas-tugas yang dirancang guru dalam sesi-sesi pembelajaran. Ia akan memfasilitasi setiap siswa untuk mengerjakan tugas-tugas itu, bukan lagi mempresentasikan balasan atau isi dari tugas-tugas itu. Memang ini akan terkesan sulit di awal-awal, tetapi jikalau guru telah terbiasa (juga para akseptor didik), maka akan lebih gampang bagi guru untuk menggeser kiprahnya dari sumber isu menjadi fasilitator pembelajaran.

Fasilitasi Siswa dengan Merangsang Mereka untuk Belajar dengan Lebih Giat

Merangsang siswa untuk lebih ulet berguru mungkin juga terkesan bukan pekerjaan yang gampang bagi guru yang terbiasa mendominasi pembelajaran di kelas. Guru yang terbiasa menyajikan semua bahan pembelajaran dengan ceramah akan sulit menciptakan siswa berguru ulet alasannya ialah metodenya sangat membosankan. Perlu bagi guru untuk menyiapkan bermacam-macam acara yang bervariasi sehingga secara otomatis akseptor didik tertantang dan tertarik untuk lebih ulet berguru alasannya ialah adanya dorongan rasa ingin tahu yang berpengaruh dari dalam diri mereka untuk dipuaskan.

Sediakan Berbagai Aktivitas Belajar Bagi Peserta Didik

Ketika seorang guru ingin bergeser dari kiprah sebagai sumber isu utama dalam pembelajaran di kelasnya dan selalu mendominasi pembelajaran, maka ia harus menyediakan aneka macam acara dan lembar kerja yang menarik. Metode dan teknik pembelajaran yang selalu bervariasi akan menciptakan kelas yang diampu guru tak pernah membosankan bagi akseptor didik untuk mengikutinya. Selalu ada kebaruan acara pembelajaran. Hari ini beda dengan kemarin, dan akan beda pula dengan besok. Kelas dan pembelajaran yang dinamis sangat diperlukan oleh siswa.

Sisipkan "Belajar Bagaimana Belajar" dalam Kegiatan Pembelajaran

Sebagai guru kita semua niscaya tahu bahwa untuk mempelajari sesuatu seringkali dipakai teknik teknik tertentu untuk mempermudahnya. Ada trik-trik khusus. Karena itu penting di sela-sela pembelajaran dengan bermacam-macam acara itu, guru juga menyelipkan cara-cara atau trik tertentu wacana cara mempelajari, memahami, atau menguasai sesuatu dengan lebih gampang dan lebih baik. Peserta didik membutuhkan berguru bagaimana belajar, tidak melulu berguru bahan bimbing semata.

Berikan Kesempatan Belajar yang Lebih Banyak dengan Umpan Balik

Ketika kita ingin tahu apakah penampilan kita sudah sepakat sebelum berangkat ke sekolah, kita biasanya akan bercermin. Kita melihat apakah tatanan kerudung kita sudah rapi. Apakah penampilan kita sudah cukup menarik untuk beraksi di dalam kelas, dan sebagainya. Nah, demikian pula dengan siswa. Agar siswa menjadi aktif dan pembelajaran berpusat kepada mereka, maka guru harus menyediakan cermin bagi mereka. Cermin itu ialah umpan balik (respon) bagi semua acara pembelajaran yang dilakukan oleh masing-masing siswa. Setiap siswa khas. Mereka akan membutuhkan umpan balik yang berbeda. Mereka  membutuhkan koreksi dan kebanggaan yang berbeda atas hasil dan proses berguru mereka. Ketika guru berkeliling dan menawarkan tanggapan melalui umpan balik kepada masing-masing akseptor didik, maka setting pembelajaran secara tidak eksklusif akan berkembang menjadi pembelajaran yang berpusat kepada akseptor didik.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Menyebabkan Pembelajaran Guru Pembelajaran Berpusat Pada Siswa"

Posting Komentar