Tujuan Penggunaan Ict Di Dalam Pembelajaran

Tujuan Penggunaan ICT di Dalam Pembelajaran


Bapak dan Ibu Guru sudah memakai ICT (Information and Communication Technology) atau TIK di dalam pembelajaran? Kalau sudah, berarti Bapak dan Ibu Guru adalag guru yang OKE! Iya, memang seharusnya pada masa ke 21 ini guru sudah mengintegrasikan ICT atau TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi) di kelas. Jangan hingga kita menjadi guru yang ketinggalan. ICT atau TIK dipakai di dalam pembelajaran alasannya yaitu sanggup mencapai beberapa tujuan yang sangat penting, yaitu:
  • Membangun kebiasaan Knowledge-Based Society (masyarakat berbasis pengetahuan).
  • Pengembangan keterampilan penggunaan ICT.
  • Meningkatkan efektivitas dan efisiensi dalam pembelajaran.

 Tujuan Penggunaan ICT di Dalam Pembelajaran Tujuan Penggunaan ICT di Dalam Pembelajaran
ICT dan pembelajaran


Ketiganya akan coba kita uraikan dalam paparan berikut ini.

Membangun Kebiasaan Knowledge-Based Society (Masyarakat Berbasis Pengetahuan)

Tidak bisa dipungkiri, ketika ini ilmu pengetahuan berkembang sangat pesat. Beragam temuan-temuan gres di menyebarkan bidang menyeruak menggantikan teori-teori lama. Teknologi gres yang lebih maju muncul setiap hari. Semuanya bertujuan memudahkan kehidupan manusia. Arus gosip mengalir deras ke seluruh penjuru dunia dalam hitungan detik saja. Karena itu, setiap orang sanggup dengan gampang memperoleh pengetahuan dan mengembangkannya, kemudian mungkin membaginya untuk orang lain. Masyarakat maju memiliki ciri sebagai masyarakat berbasis pengetahuan. Internet menjadi referensi utama ketika suatu pertanyaan atau permasalahan muncul. Masyarakat yang berpikiran maju akan selalu menemukan gosip atau pengetahuan yang mereka butuhkan. Sekolah dengan guru dan siswa di dalamnya juga menjadi bab dari masyarakat modern ini. Penggunaan ICT atau TIK di dalam pembelajaran akan menumbuhkan kebiasaan positif, bahwa segala sesuatu sebaiknya dilandasi oleh ilmu pengetahuan. Tidak lagi pada mitos atau legenda.

Pengembangan Keterampilan Penggunaan ICT

Saat guru memakai ICT atau TIK di dalam pembelajarannya maka secara otomatis, ia telah membantu siswa mengembangkan keterampilan dalam memakai ICT. Keterampilan penggunaan ICT ini sangat penting untuk bekal kehidupan mereka, baik ketika ini maupun nanti ketika mereka telah terjun ke masyarakat sebagai insan produktif. Guru yang tidak terampil dalam ICT dan tidak memanfaatkan ICT dalam pembelajarana di kelasnya akan menciptakan siswa ajaib terhadapbidang ini. Padahal ketika ini ICT menyentuh hampir seluruh aspek kehidupan kita sehari-hari.

Meningkatkan Efektivitas Dan Efisiensi Dalam Pembelajaran

Guru sebaiknya memakai ICT atau TIK dalam pembelajaran dikarenakan telah banyak terbukti ICT bisa meningkatkan efektivitas dan efisiensi pada proses belajar-mengajar di sekolah. Banyak materi-materi sulit dan absurd ternyata menjadi lebih gampang ketika untuk mempelajarinya dibantu dengan penggunaan ICT. Banyak pembelajaran yang secara real sangat mahal menjadi lebih murah dan gampang dengan pemberian ICT. Makara memanfaatkan ICT dengan baik pada ketika pembelajaran tentu akan sangat berkhasiat baik bagi guru alasannya yaitu mempermudah kiprah dan pekerjaannya, maupun bagi siswa alasannya yaitu mempermudah mereka untuk memahami suatu pengetahuan atau bahan pembelajaran yang dibutuhkan akan mereka kuasai.

Demikian beberapa tujuan dalam penggunaan ICT (TIK) dalam pembelajaran di sekolah. Semoga bermanfaat.

:
Kompetensi Guru Di Era Teknologi Informasi
Mengenal Moodle, Platform Gratis E-Learning

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tujuan Penggunaan Ict Di Dalam Pembelajaran"

Posting Komentar