Apa Saja Ciri-Ciri Kelas Yang Aktif Belajar?

Semua guru yang sedang mengajar tentunya ingin kelas yang diampunya akatif dalam kegiatan pembelajaran. Tetapi, tidak semua guru menyadari bahwa siswa-siswa di kelasnya apakah aktif atau tidak. Memang perlu latihan dan pengalaman mengajar untuk ini, serta pengetahuan teoritis bagaimana mengajar yang baik dan efektif. Mengetahui apakah semua siswa di kelas sedang aktif berguru atau tidak diharapkan oleh guru biar ia sanggup memperlihatkan bantuan, baik kepada siswa yang telah aktif, terlebih-lebih lagi siswa yang belum berguru secara aktif di kelasnya. Berikut yakni beberapa ciri sebuah kelas yang aktif belajar.

Ciri-Ciri Kelas dengan Siswa yang Aktif Belajar

Ada banyak ciri bila di sebuah kelas, siswa-siswa yang ada di dalamnya sedang aktif belajar. Beberapa di antaranya yang menonjol adalah:

Siswa-siswa mengajukan pertanyaan-pertanyaan

Ketika sebuah kelas sedang aktif belajar, mereka akan sangat banyak mengajukan pertanyaan-pertanyaan. Hal ini terjadi sebab siswa melaksanakan proses berpikir di dalam benaknya. Hasil-hasil pemikiran mereka seringkali memerlukan jawaban dari guru, atau sanggup juga siswa merasa ada hal-hal yang menjadi kurang terperinci dengan apa yang sedang dipelajarinya, atau ada hal-hal yang bertentangan dengan apa yang selama ini diketahuinya. Kelas yang sedang aktif berguru akan memperlihatkan hal ini.

Siswa-siswa meminta penjelasan terhadap bahan yang sedang dipelajari

Ketika guru mengajak siswa berguru perihal sesuatu pada bahan pelajarannya, siswa akan membuat pemahamannya sendiri perihal bahan itu. Hal ini terjadi di dalam pemikiran siswa. Seringkali mereka membutuhkan suatu penjelasan dan meminta guru menjelaskan kembali secara lebih detil perihal apa yang mereka pelajari tersebut. Siswa yang sedang aktif berguru membutuhkan klarifikasi. Adapula kalanya dikala pembelajaran dilakukan dengan berdiskusi, maka siswa sanggup meminta penjelasan dari siswa lain untuk memantapkan pemahamannya akan suatu hal bila pada diskusi tersebut ada hal-hal yang tidak sesuai dengan pemahamannya.

Siswa-siswa memperlihatkan pendapat, menjawab pertanyaan-pertanyaan guru atau siswa lainnya

Pada sebuah kelas dengan pembelajarannya, siswa-siswa yang aktif berguru akan dengan sukarela dan bahkan antusias dalam memperlihatkan pendapatnya, menjawab pertanyaan-pertanyaan yang dilontarkan oleh guru atau siswa lain. Hal ini dilakukannya sebagai wujud nyata bahwa ia sedang berguru secara aktif. Perlu bagi siswa-siswa yang aktif berguru ini untuk memperlihatkan kepada semua orang di kelasnya perihal bagaimana ia memandang suatu hal dari perspektifnya sendiri. Ia berkeinginan guru dan teman-temannya mengetahui bagaimana isi pemikirannya, apa perbedaan dan apa persamaannya dengan pemikiran orang lain di kelas itu.

Semua guru yang sedang mengajar tentunya ingin kelas yang diampunya akatif dalam kegiatan  Apa Saja Ciri-Ciri Kelas yang Aktif Belajar?
apakah siswa di kelas anda aktif belajar?

Siswa-siswa membuat catatan hal-hal yang dianggapnya penting dan menarik

Praktis sekali membedakan siswa yang aktif berguru dengan yang tidak. Pada kelas di mana siswa-siswanya aktif belajar, akan nampak mereka membuat catatan-catatan khusus mengenaihal-hal menarik yang mereka peroleh dari sebuah pembelajaran yang difasilitasi oleh seorang guru. Catatan-catatan yang dibentuk yakni catatan versi mereka sendiri sebagai bentuk nyata pemikiran mereka. Siswa-siswa sanggup menentukan info penting mana yang seharusnya mereka tuliskan dalam buku catatan mereka.

Jika di dalam sebuah kelas tidak terjadi hal-hal menyerupai di atas, maka sanggup diduga bahwa siswa-siswa di kelas tersebut tidak aktif belajar. Suasana senyap dan selalu dalam kontrol ketat guru seringkali justru membuat pembelajaran tidak berjalan dengan aktif. Siswa-siswa di dalam kelas menjadi aktif berguru bila guru pintar membuat iklim berguru yang menyenangkan dan kondusif untuk mereka berpendapat, bertanya, ataupun beraktivitas sebagaimana yang mereka inginkan untuk belajar. Ketika sebuah kelas menjadi senyap oleh pertanyaan, pendapat-pendapat, atau acara positif lainnya menyerupai mencatat hal-hal penting dan menarik, besar kemungkinan siswa-siswa di kelas itu tidak sedang aktif belajar.

:

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Apa Saja Ciri-Ciri Kelas Yang Aktif Belajar?"

Posting Komentar