Motivasi Ekstrinsik Dalam Pembelajaran Di Kelas

Ketika siswa-siswa di kelas mempunyai motivasi intrinsik, maka pembelajaran menjadi lebih gampang bagi mereka, begitupun proses pengelolaan pembelajaran yang harus dilakukan oleh guru. Memang menciptakan siswa mempunyai motivasi intrinsik tidaklah gampang dan perlu waktu. Kesabaran dan perjuangan keras guru sangat diperlukan. Selain motivasi intrinsik guru juga harus menyiapkan motivasi ekstrinsik untuk siswa sehingga sanggup membantu mereka belajar, yang pada balasannya diharapkan mereka akan mempunyai motivasi intrinsik pula.

siswa di kelas mempunyai motivasi intrinsik Motivasi Ekstrinsik dalam Pembelajaran Di Kelas
hadiah yakni salah satu bentuk motivasi ekstrinsik

Mengenali Siswa dengan Motivasi Ekstrinsik

Siswa-siswa yang telah mempunyai motivasi ekstrinsik sanggup dikenali dari kata-kata yang terlontar dari percakapan mereka, misalnya:
  • "Saya perlu memperoleh nilai rata-rata 8 untuk sanggup masuk ke Sekolah Menengan Atas keinginan saya sehabis tamat dari Sekolah Menengah Pertama kita ini."
  • "Jika saya tidak berhasil dengan baik pada bahan ini, sanggup jadi saya akan mendapat kiprah yang lebih banyak lagi dari Pak Johan."
  • "Bu Reni akan membagikan camilan bagus hari ini jikalau kita sanggup menjawab pertanyaan-pertanyaan dalam pelajaran matematikanya."
  • dan sebagainya.

Selain itu, harapan orang renta terhadap anaknya (siswa) semoga memperoleh nilai yang baik di sekolah juga merupakan motivasi ekstrinsik. Pada intinya, motivasi ekstrinsik yakni dorongan dari luar diri siswa yang menciptakan siswa menjadi ingin bertindak atau melaksanakan sesuatu atau belajar.

Motivasi ekstrinsik sangat gampang diberikan kepada siswa. Guru contohnya sanggup menjanjikan sesuatu, menyerupai nilai, hadiah, atau apapun sehingga sehingga tergerak untuk berguru atau melaksanakan suatu aktivitas. Adalah sangat menantang bagi guru untuk sanggup menyiapkan hal-hal atau insentif yang sesuai sehingga siswa menjadi termotivasi untuk berguru atau mengikuti suatu aktivitas. Adakalanya hadiah atau insentif yang diberikan tidak cukup menarik atau telah membosankan mereka, sehingga tidak lagi berfungsi untuk menumbuhkan motivasi siswa. Guru perlu lebih kreatif mengeksplorasi cara-cara menciptakan siswa termotivasi untuk belajar.

:

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Motivasi Ekstrinsik Dalam Pembelajaran Di Kelas"

Posting Komentar