Apakah Uks (Usaha Kesehatan Sekolah) Itu?

Apa yang Dimaksud dengan UKS?


Bapak dan Ibu Guru semua niscaya sudah tahu apa itu UKS? UKS yaitu kependekan dari Usaha Kesehatan Sekolah. Sebenarnya dari kepanjangan UKS ini kita sudah bisa meraba-raba apa dan bagaimana, serta apa fungsi UKS di sekolah. Tetapi tidak ada salahnya jikalau di sini dituliskan kembali mengenai UKS atau Usaha Kesehatan Sekolah tersebut.

Usaha kesehatan sekolah atau UKS yaitu suatu perjuangan yang dilakukan pihak sekolah dan pihak-pihak yang terkait untuk meningkatkan contoh hidup sehat serta derajat kesehatan warga sekolah. Kaprikornus sesungguhnya UKS tidak hanya untuk siswa semata, tetapi juga melingkupi seluruh warga sekolah, sehingga dengan contoh hidup sehat baik ketika berada di dalam lingkungan sekolah maupun dalam kehidupan sehari-hari sanggup menjaga dan meningkatkan derajat kesehatannya. Pola hidup sehat dan derajat kesehatan yang baik akan membawa sekolah menjadi institusi pendidikan yang baik dan sanggup menyelenggarakan fungsinya sebagai wadah pendidikan bagi belum dewasa Indonesia untuk menjadi insan cerdas dan sehat.

 Bapak dan Ibu Guru semua niscaya sudah tahu apa itu UKS Apakah UKS (Usaha Kesehatan Sekolah) itu?
UKS sangat bermanfaat sebagai penunjang keberhasilan pendidikan di sekolah

Tujuan Diadakannya UKS di Sekolah-Sekolah

Kesehatan tentunya menjadi modal penting bagi siswa dan warga sekolah lainnya untuk menyelenggarakan pendidikan yang bermutu. Anak-anak Indonesia diharapkan sanggup tumbuh menjadi insan Indonesia seutuhnya. Sangat penting bagi belum dewasa Indonesia biar tumbuh secara optimal dan selaras. Ini yaitu tujuan umum dari dilaksanakannya aktivitas UKS di sekolah-sekolah.

Secara khusus aktivitas UKS di sekolah-sekolah diharapkan sanggup menunjukkan ilmu pengetahuan, sikap, serta keterampilan sehingga mereka (warga sekolah, utamanya anak-anak), sanggup menjalankan prinsip-prinsip hidup sehat. Bahkan mereka juga sanggup membantu  untuk terlibat aktif dalam peningkatan kesehatan. Dengan demikian diharapkan sebagai biro bagi lingkungan sekitarnya, para siswa juga sanggup menjaga kesehatannya sendiri secara sanggup bangun diatas kaki sendiri baik secara fisik, mental, emosi serta sosial. Melalui prinsip-prinsip hidup sehat yang dimilki, siswa akan bisa menangkal segala pengaruh-pengaruh yang tiba dari lingkungannya biar selalu terhindar dari penyalahgunaan narkotika, minuman keras, obat-obat terlarang, kebiasaan merokok, dan aneka macam hal lain yang tentunya akan berdampak jelek bagi kesehatan mereka pribadi.


Sasaran UKS

Walapun UKS (Usaha Kesehatan Sekolah) sanggup dimanfaatkan oleh seluruh warga sekolah, tetapi tentu saja sasaran utama aktivitas ini yaitu siswa. Semua siswa dari jenjang terendah (TK/RA) sampai siswa pada sekolah jenjang atas (SMA/MA/SMK) merupakan sasaran utama dari aktivitas UKS di sekolah.

Pembinaan UKS

UKS yang ada di suatu institusi pendidikan (baca: sekolah) memerlukan training sehingga program-program yang dilakukan sanggup berjalan dengan baik dan lancar. Beberapa sasaran training mencakup siswa itu sendiri, kemudian guru dan tenaga kependidikan, tenaga kesehatan (UKS dilakukan dengan menjalin kerjasama dengan institusi kesehatan menyerupai puskesmas atau rumah sakit), sampai sarana dan prasarana pendidikan serta pelayanan kesehatan menyerupai Puskesmas (Pusat Kesehatan Masyarakat) terdekat. Selain itu sasaran aktivitas UKS juga mencakup lingkungan, baik berupa lingkunga sekolah sendiri, maupun lingkungan keluarga di mana anak (siswa) tinggal, dan lingkungan masayarakat yang berdekatan dengan sekolah.

Trias UKS (3 Program Utama UKS)

Perlu Bapak dan Ibu Guru ketahui bahwa UKS memiliki 3 aktivitas pokok yang disebut Trias UKS. Ketiga aktivitas pokok UKS itu adalah: (1) melaksanakan pendidikan kesehatan; (2) melaksanakan pelayanan kesehatan; dan (3) melaksanakan training sekolah sehat. Agar ketiga aktivitas utama UKS tersebut sanggup berjalan dengan baik perlulah dilakukan upaya-upaya training UKS di sekolah-sekolah. UKS (Usaha Kesehatan Sekolah) yang baik ditunjukkan oleh adanya perencanaan dan penyusunan aktivitas UKS, pelaksanaan aktivitas UKS yang telah dirancang dan disusun tersebut, pengendalian berjalannya aktivitas UKS, serta adanya evaluasi dan penelitian wacana efektivitas dan kinerja UKS untuk mencapai tujuan lewat program-program yang disusun tadi. Selain itu juga diharapkan suatu manajemen. Manajemen UKS diharapkan untuk menjaga semua komponen yang terlibat di dalam program-program UKS sanggup berfungsi dengan baik. Kegiatan administrasi UKS mencakup administrasi dan pengorganisasian ketegaan (SDM), sarana dan prasaran, sampai pembiayaan yang dibutuhkan untuk penyelenggaraan program-program UKS.

Buku-Buku UKS
Mengajarkan Perilaku Sehat
Hubungan Guru - Siswa yang Sehat

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Apakah Uks (Usaha Kesehatan Sekolah) Itu?"

Posting Komentar