Langkah-Langkah Umum Pembelajaran Kurikulum 2013

3 Langkah Umum Pembelajaran Kurikulum 2013

Pelaksanaan pembelajaran dalam implementasi Kurikulum 2013 di sekolah-sekolah harus mengikuti langkah-langkah umum yang telah dipedomankan untuk guru. Pelaksanaan pembelajaran merupakan penerapan dari Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang telah dikembangkan secara hati-hati dan penuh pertimbangan oleh guru. Pada dasarnya, kegiatan pelaksanaan pembelajaran pada Kurikulum 2013 harus memuat 3 hal berikut: kegiatan pendahuluan, kegiatan inti, dan kegiatan penutup.

 Pelaksanaan pembelajaran dalam implementasi Kurikulum  Langkah-Langkah Umum Pembelajaran Kurikulum 2013
Add captionLangkah-Langkah Umum Pembelajaran Kurikulum 2013

Kegiatan Pendahuluan

Kegiatan pendahuluan ialah kegiatan yang pertama kali harus dilakukan guru ketika memulai pembelajaran di kelasnya. Pada kegiatan pendahuluan, guru harus:
  • Mempersiapkan penerima didik baik psikis maupun fisik sehingga sanggup nantinya mengikuti proses pembelajaran dengan baik
  • Memberikan motivasi berguru kepada siswa yang bersifat kontekstual ihwal manfaat dan aplikasi bahan bimbing dalam kehidupan sehari-hari, dengan memperlihatkan referensi dan perbandingan lokal, nasional dan bahkan internasional.
  • Mengajukan pertanyaan-pertanyaan dengan cara mengaitkan pengetahuan sebelumnya dengan bahan yang akan dipelajari pada ketika itu
  • Menjelaskan tujuan pembelajaran atau kompetensi dasar yang akan dicapai melalui acara pembelajaran yang akan mereka ikuti
  • Menyampaikan luasan cakupan bahan pembelajaran beserta klarifikasi uraian kegiatanyang akan dilakukan sebagaimana yang telah direncanakan menyerupai dalam silabus dan RPP.

Kegiatan Inti

Pada kegiatan inti yang merupakan bab dengan alokasi waktu terbesar dari yang disediakan, dipakai model pembelajaran, metode pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber berguru yang diubahsuaikan dengan karakteristik penerima didik dan mata pelajaran. Adapun pemilihan pendekatan tematik dan/atau tematik terpadu dan/atau saintifik dan/atau inkuiri dan penyingkapan (discovery) dan/atau pembelajaran yang menghasilkan karya berbasis pemecahan duduk kasus (project based learning) harus sesuai dengan karakteristik kompetensi yang ingin dicapai oleh siswa dan jenjang pendidikan.

Ada 3 jenis aspek kompetensi yang harus dicapai melalui pelaksanaan pembelajaran pada kegiatan inti ini, yaitu sikap, pengetahuan dan keterampilan.

Sikap

Pada kegiatan inti, untuk memfasilitasi siswa dalam mencapai kompetensi terakait sikap, maka salah satu alternatif yang dipilih ialah proses afeksi mulai dari menerima, menjalankan, menghargai, menghayati, sampai mengamalkan. Seluruh acara pembelajaran berorientasi pada tahapan kompetensi yang mendorong siswa untuk melakuan acara tersebut.

Pengetahuan

Pengetahuan sanggup dikuasai dan dimiliki oleh penerima didik dengan melalui bermacam-macam acara mengetahui, memahami, menerapkan, menganalisis, mengevaluasi, sampai mencipta. Adapun kKarakteritik aktivititas berguru dalam domain pengetahuan ini mempunyai perbedaan dan kesamaan dengan acara berguru dalam domain keterampilan yang akan dibahas sebentar lagi. Untuk memperkuat pendekatan saintifik, tematik terpadu, dan tematik sangat disarankan untuk menerapkan berguru berbasis penyingkapan/penelitian (discovery/inquiry learning). Untuk mendorong penerima didik menghasilkan karya kreatif dan kontekstual, baik individual maupun kelompok, disarankan memakai pendekatan pembelajaran yang menghasilkan karya berbasis pemecahan duduk kasus (project based learning).

Keterampilan

Kompetensi keterampilan akan sanggup diperoleh penerima didik dengan melalui bermacam-macam kegiatan mengamati, menanya, mencoba, menalar, menyaji, dan mencipta. Seluruh isi bahan (topik dan subtopik) mata pelajaran yang diturunkan dari keterampilan harus mendorong siswa untuk melaksanakan proses pengamatan sampai penciptaan. Untuk mewujudkan keterampilan tersebut perlu melaksanakan pembelajaran yang menerapkan modus berguru berbasis penyingkapan/penelitian  (discovery/inquiry learning) dan pembelajaran yang menghasilkan karya berbasis pemecahan duduk kasus (project based learning).

Kegiatan Penutup

Pada kegiatan epilog yang merupakan bab simpulan dari pelaksanaan pembelajaran berdasarkan Kurikulum 2013, guru bersama siswa baik secara individual maupun kelompok harus melaksanakan refleksi semoga sanggup melaksanakan penilaian terhadap:
  • Semua rangkaian kegiatan berguru atau acara pembelajaran beserta hasil-hasil yang diperoleh untuk selanjutnya secara bersama menemukan manfaat pribadi maupun tidak pribadi dari hasil pembelajaran yang telah berlangsung
  • Guru memperlihatkan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran
  • Guru melaksanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk derma tugas, baik kiprah individual maupun kelompok
  • Guru kemudian harus pula memperlihatkan warta ihwal planning kegiatan pembelajaran untuk pertemuan berikutnya.

Pelaksanaan Pembelajaran Menurut Kurikulum 2013
Komponen-Komponen RPP Menurut Kurikulum 2013
Komponen-Komponen Silabus Menurut Kurikulum 2013
Karakteristik Pembelajaran Kurikulum 2013
Standar Proses pada Kurikulum 2013

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Langkah-Langkah Umum Pembelajaran Kurikulum 2013"

Posting Komentar