Pelaksanaan Pembelajaran Dalam Kurikulum 2013

Alokasi Waktu Tatap Muka pada Kurikulum 2013

Pada Kurikulum 2013, sekolah-sekolah yang melaksanakannya harus menyelenggarakan proses pembelajaran dengan alokasi waktu tatap muka sesuai yang telah ditentukan. SD dan MI melangsung proses pembelajaran untuk alokasi tatap mukanya @35 menit, sementara Sekolah Menengah Pertama dan MTs @40 menit, lalu Sekolah Menengan Atas atau MA dan Sekolah Menengah kejuruan atau MAK harus mengalokasikan waktu tatap muka @45 menit.

 Alokasi Waktu Tatap Muka pada Kurikulum  Pelaksanaan Pembelajaran dalam Kurikulum 2013
pelaksanaan pembelajaran dalam Kurikulum 2013

Buku Teks Pelajaran pada Kurikulum 2013

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI telah menyiapkan buku-buku yang dipakai untuk pegangan guru dan siswa (peserta didik) dalam pelaksanaan proses pelaksanaan pembelajaran di kelas. Akan tetapi, pihak sekolah atau penerima didik juga sanggup memakai buku-buku lain di luar buku yang disediakan tersebut sebagai buku penunjang. Bahkan sangat dianjurkan semoga siswa sanggup memperoleh susukan untuk memakai buku-buku yang bermacam-macam sebab mereka harus memperoleh bermacam-macam sumber informasi. Perlu pula diperhatikan proporsi buku pegangan siswa sesuai dengan jumlah siswa di kelas tersebut.

Pengelolaan Kelas pada Pelaksanaan Pembelajaran dengan Kurikulum 2013

Pada pelaksanaan pembelajaran, tentunya guru harus melaksanakan pengelolaan kelas. Bentuk-bentuk pengelolaan kelas yang dilakukan guru berdasarkan Kurikulum 2013 yaitu sebagai berikut:

Pengaturan Tempat Duduk

Saat proses pembelajaran, guru harus memperhatikan bagaimana setting daerah duduk siswa di dalam kelas sehingga bersesuaian dengan pendekatan atau model pembelajaran yang dipilih, juga tujuan pembelajaran dan karakteristik proses pembelajaran itu sendiri.

Suara Guru

Ketika mengajar dan memfasilitasi pembelajaran di dalam kelasnya, guru harus memberikan pembelajaran dengan volume bunyi yang cukup, begitupun dengan intonasi yang dipakai sehingga sedemikian rupa sanggup didengar oleh siswa dan sanggup mencapai tujuannya. Perkataan guru harus santun, sopan, tetapi lugas sehingga praktis dipahami oleh siswa.

Kecepatan dan Kemampuan

Setiap kelas bisa jadi mempunyai dinamika yang berbeda. Setiap kelas dengan siswa-siswa yang berbeda tentu mempunyai kecepatan berguru yang berbeda. Penting bagi guru untuk menyesuaikan kecepatan pelaksanaan pembelajarannya dengan kecepatan kemampuan berguru ini sehingga kompetensi yang dibelajarkan kepada mereka sanggup dikuasai dengan baik, begitu dengan kedalaman bahan bimbing yang disampaikan.

Pembelajaran yang Melibatkan Siswa

Pelaksanaan pembelajaran pada implementasi Kurikulum 2013 yaitu pembelajaran aktif, di mana seluruh siswa harus terlibat aktif di dalamnya. Keterlibatan dalam pelaksanaan pembelajaran ini baik dalam bentuk acara fisik maupun dalam bentuk acara siswa. Selain itu, semoga hal ini sanggup terwujud, guru perlu membuat suasana yang menyenangkan, kenyamanan, kedisiplinan hingga keselamatan dalam proses pelaksanaan pembelajaran tersebut.

Umpan Balik

Pembelajaran yang dilakukan oleh guru dan lalu membuat seluruh siswa di dalam beaktivitas dengan baik perlu mendapat umpan balik dari guru. Umpan balik yang diberikan sanggup bermacam-macam bentuknya, ibarat penguatan-jika siswa atau penerima didik telah melaksanakan hal yang dibutuhkan dengan baik, koreksi-jika siswa masih belum sanggup melaksanakan hal yang diinginkan dengan baik. Proses dan hasil berguru penerima didik harus diberikan respon untuk meng-umpan balik kepada mereka, dengan demikian penerima didik mendapat citra wacana proses dan hasil berguru mereka dikala itu juga.

Pertanyaan-Pertanyaan

Pelaksanaan pembelajaran yang baik berdasarkan Kurikulum 2013 yaitu pembelajaran yang penuh dengan pertanyaan-pertanyaan bermutu dari penerima didik. Hal ini mungkin awalnya relatif sulit sebab kebanyakan kultur sekolah belum mendukung ini. Ketika bertanya menjadi suatu budaya di kelas, maka pelaksanaan pembelajaran ibarat itulah yang diinginkan oleh Kurikulum 2013. Selain bertanya, siswa juga harus berguru dan diberikan kesempatan seluas-luasnya untuk memperlihatkan pendapat, memberikan persepsi dan pandangannya akan suatu, dan sejenisnya.

Penampilan Guru

Setiap guru yang mengajar, maka dalam segi penampilan juga harus memperlihatkan pribadi yang sanggup menjadi pola eksklusif wacana bagaimana berpakaian yang baik. Guru harus memakai pakaian yang pantas sesuai dengan profesinya sebagai guru, higienis dan sopan.

Tugas Di Awal Semester

Penting bagi guru untuk mengerjakan sebuah kiprah penting pada dikala pertama kali masuk melaksanakan pembelajaran di kelasnya pada awal-awal semester, yaitu memberikan silabus, teknik-teknik pembelajaran yang akan dipakai hingga penilaian.

Disiplin Waktu

Efektivitas pembelajaran berdasarkan Kurikulum 2013 sanggup dilihat juga dari aspek waktu, di mana paling praktis melihatnya dari sisi apakah guru telah memulai dan mengakhiri proses pembelajaran sempurna sesuai waktu yang dialokasikan.

Prinsip-Prinsip Pengembangan RPP Kurikulum 2013
Komponen-Komponen RPP Menurut Kurikulum 2013
Komponen-Komponen Silabus Menurut Kurikulum 2013
Karakteristik Pembelajaran Kurikulum 2013
Standar Proses pada Kurikulum 2013

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pelaksanaan Pembelajaran Dalam Kurikulum 2013"

Posting Komentar