Cara Mengisi Spt Tahunan 1770Ss Untuk Pns Terbaru 2016

Nah, sehabis kita mendaftarkan akun dengan EFIN dan NPWP yang diberikan oleh kantor pajak terdekat atau telah dikirimkan lewat email anda, maka tutorial akan kita lanjutkan dengan cara mengisi SPT Tahunan melalui e-Filing yang disediakan oleh DJP Online di situs djponline.pajak.go.id untuk PNS (Pegawai Negeri Sipil) dengan penghasilan bruto di bawah atau sama dengan Rp. 60.000.000,- per tahun. PNS dengan penghasil di bawah atau sama dengan 60 juta rupiah akan mengisi SPT tahunan dengan formulir 1770SS.

Tata Cara Pengisian SPT Tahunan untuk PNS Formulir 1770SS (Penghasilan Bruto di Bawah atau Sama Dengan 60 Juta Rupiah)

Pastikan bahwa sebelum memulai langkah-langkah ini anda telah memegang BUKTI PEMOTONGAN PAJAK PENGHASILAN FORMULIR 1721-A2/A1. Sebagai guru yang merupakan pegawai kawasan (pemda), maka saya mendapat Bukti Pemotongan Pajak Penghasilan Formulir 1721-A2/A1 ini dari Bendahara Pengeluaran yang ada di Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota tempat saya bekerja. Jika anda belum memperoleh tanda bukti pemotongan ini, maka anda sanggup menanyakannya ke kantor pelayanan pajak terdekat.

Berikut ini langkah-langkah atau tata cara untuk melaksanakan pengisian SPT tahunan PNS Formulir 1770SS:
  1. Silakan buka halaman DJP Online (Direktorat Jenderal Pajak Online) di alamat http://djponline.pajak.go.id
  2. Akan muncul tampilan sebagai berikut.


  3.  dan NPWP yang diberikan oleh kantor pajak terdekat atau telah dikirimkan lewat email anda Cara Mengisi SPT Tahunan 1770SS untuk PNS Terbaru 2016
    halaman login djponline.pajak.go.id


  4. Lanjutkan dengan login. Caranya isikan NPWP dan PASSWORD anda pada formulir login, kemudian ketikkan isyarat CAPTCHA yang diberikan (perhatikan bahwa isyarat captcha sensitif aksara kapital, aksara kecil dan angka).
  5. Setelah berhasil login anda akan di bawa pada halaman akun anda. Perhatikan bahwa pada laman ini, bab sebelah kiri menampilkan data diri anda berupa Nama, NPWP, alamat, serta email serta pekerjaan. Sementara di bab tengah, akan tampak logo e-filing. Tampilannya ibarat ini.


  6.  dan NPWP yang diberikan oleh kantor pajak terdekat atau telah dikirimkan lewat email anda Cara Mengisi SPT Tahunan 1770SS untuk PNS Terbaru 2016
    jika berhasil login akan muncul halaman gres ini


  7. Klik logo e-Filing yang ada di tengah halaman. Akan terbuka halaman baru. Pada halaman gres ini, di bab sisi sebelah kanan tampak sebuah tombol biru BUAT SPT. Klik tombol tersebut. Tampilannya ibarat gambar ini.


  8.  dan NPWP yang diberikan oleh kantor pajak terdekat atau telah dikirimkan lewat email anda Cara Mengisi SPT Tahunan 1770SS untuk PNS Terbaru 2016
    klik tombol biru BUAT SPT

  9. Maka akan terbuka sebuah halaman gres yang berisi pertanyaan-pertanyaan. Pertanyaan-pertanyaan tersebut akan muncul satu per satu sesuai respon (kondisi) ketika anda menjawabnya dengan ya atau tidak. Dalam kasus yang ditampilkan di gambar, balasan ditunjukkan ibarat berikut sehingga anda akan diarahkan untuk mengisi formulir 1770SS.


  10.  dan NPWP yang diberikan oleh kantor pajak terdekat atau telah dikirimkan lewat email anda Cara Mengisi SPT Tahunan 1770SS untuk PNS Terbaru 2016
    pilih balasan anda sesuai kondisi, tetapi untuk pertanyaan terakhir jawablah YA

  11. Selanjutnya klik tombol berwarna merah SPT 1770SS.
  12. Akan terbuka halaman gres di mana anda akan diberikan formulir singkat berisi pilihan tahun SPT 1770SS yang akan dibuat. Pilih tahun 2015 untuk pelaporan bulan Maret 2016 ini.
  13. Selanjutnya pilihan pelaporan NORMAL.


  14.  dan NPWP yang diberikan oleh kantor pajak terdekat atau telah dikirimkan lewat email anda Cara Mengisi SPT Tahunan 1770SS untuk PNS Terbaru 2016
    isikan data formulir SPT 1770SS yang akan anda buat

  15. Kemudian klik tombol biru BERIKUTNYA di bab bawah data formulir.
  16. Selanjutnya akan muncul formulir SPT 1770SS yang akan anda isi nominalnya sesuai dengan penghasilan dan pemotongan pajak yang telah dilakukan. Tampilannya ibarat gambar berikut.


  17.  dan NPWP yang diberikan oleh kantor pajak terdekat atau telah dikirimkan lewat email anda Cara Mengisi SPT Tahunan 1770SS untuk PNS Terbaru 2016
    tampilan SPT 1770SS online yang harus PNS isi

  18. Untuk pengisian data dari formulir SPT 1770SS di atas anda akan membutuhkan BUKTI PEMOTONGAN PAJAK PENGHASILAN PASAL 21 BAGI PNS yang diberikan bendahara di instansi anda bekerja (misalnya, jikalau anda guru anda akan mendapat bukti ini dari bendahara di dinas pendidikan kabupaten/kota).
  19. Lalu jikalau anda sudah mengisikannya dengan benar, maka klik tombol biru BERIKUTNYA di sisi bawah bab kanan halaman ibarat gambar di atas.
  20. Akan terbuka halaman gres dengan tampilan ibarat berikut.


  21.  dan NPWP yang diberikan oleh kantor pajak terdekat atau telah dikirimkan lewat email anda Cara Mengisi SPT Tahunan 1770SS untuk PNS Terbaru 2016
    pengisian SPT 1770SS pada bab B

  22. Jika anda tidak mempunyai kondisi ibarat yang ditunjukkan oleh bab B (Pajak Penghasilan) dari SPT 1770SS ini silakan klik tombol biru BERIKUTNYA yang ada di bab bawah formulir.
  23. Akan terbuka bab C ialah DAFTAR HARTA DAN KEWAJIBAN ibarat gambar berikut.


  24.  dan NPWP yang diberikan oleh kantor pajak terdekat atau telah dikirimkan lewat email anda Cara Mengisi SPT Tahunan 1770SS untuk PNS Terbaru 2016
    bagian C dari formulir SPT 1770SS untuk PNS

  25. Masukkan data yang sesuai dengan kondisi anda.
  26. Jika sudah selesai, klik tombol biru BERIKUTNYA.
  27. Selanjutnya akan terbuka bab D dari formulir SPT bab C, ialah PERSETUJUAN. Untuk ini silakan klik kotak kecil untuk mencentang bahwa anda setuju.


  28.  dan NPWP yang diberikan oleh kantor pajak terdekat atau telah dikirimkan lewat email anda Cara Mengisi SPT Tahunan 1770SS untuk PNS Terbaru 2016
    bagian D formulir SPT 1770SS, persetujuan

  29. Kemudian klik tombol biru BERIKUTNYA.
  30. Akan terbuka halaman pengiriman SPT. Tampilannya ditunjukkan oleh gambar berikut.



  31. Sebelum melaksanakan pengiriman SPT tahunan anda ini, terlebih dahulu ambillah KODE VERIFIKASI dengan mengklik tautan yang diberikan di bab tengah bawah halaman tersebut yang diberi warna oranye. 



  32. Akan muncul jendela pop up. Pada jendela pop up ini anda diminta menentukan ke mana isyarat verifikasi akan dikirimkan. Misalnya kita pilih saja email. Kemudian klik tombol biru OK.
  33. Kemudian muncul lagi jendela pop up yang berisi INFO bahwa TOKEN telah dikirim ke email anda. Klik tombol biru OK untuk melanjutkan proses.



  34. Selanjutnya buka tab gres di browser anda, kemudian buka email anda pada bab kotak masuk. Email telah dikirimkan ke kotak masuk anda, kemudian bukalah email itu. Isinya akan kira-kira ibarat ini.



  35. Blok dan copy KODE VERIFIKASI yang diberikan direktorat jenderal pajak.
  36. Buka kembali tab di mana anda tadi mengisi SPT dan siap mengirimkannya. Paste isyarat verifikasi yang diberikan pada kotak kecil yang berada sempurna di bawah anda mengklik goresan pena oranye untuk mendapat isyarat verifikasi tadi.
  37. Selanjutnya klik tombol biru KIRIM SPT.
  38. Selanjutnya akan muncul jendela pop up yang isinya semacam survei untuk menanyakan apakah anda PUAS atau TIDAK PUAS dengan layanan djponline ini. Klik saja yang sesuai berdasarkan pendapat anda. Tampilannya ibarat ini.



  39. Kemudian klik tombol kecil abu-abu TUTUP.
  40. Akan terbuka halaman gres DAFTAR SPT yang menawarkan seluruh SPT yang telah anda kirimkan. Pada kasus kita, tentu saja anda gres mempunyai 1 buah SPT. Tampilannya ibarat gambar di bawah.



  41. Perhatikan submenu ACTION yang ada di bab kanan. Pada submeu tersebut anda sanggup melihat kembali SPT 1770SS anda dengan mengklik tombol berlogo beling pembesar, atau mengirim ulang SPT dengan mengklik tombol panah, atau melihat hasil pengiriman SPT pada tombol berlogo printer.
  42. SELESAI...

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Mengisi Spt Tahunan 1770Ss Untuk Pns Terbaru 2016"

Posting Komentar