Informasi Terbaru Pemilihan Gtk Berprestasi Dan Berdedikasi Tahun 2016

Pemilihan GTK Berprestasi dan Berdedikasi Tahun 2016

Kalau beberapa waktu yang lalu, nama lomba paling bergengsi yang diselenggarakan oleh Kemdikbud ini ialah Lomba Guru Berprestasi atau Gupres, sekarang disebut sebagai Pemilihan GTK Berprestasi dan Berdedikasi Tahun 2016. Perubahan nama ini sangat masuk akal alasannya ialah adanya ekspansi bidang lomba, sebagaimana yang dilakukan juga perubahan nama pada OSN Guru (Olimpiade Sains Nasional untuk Guru) yang menjadi OGN Tahun 2016 (Olimpiade Guru Nasional). Nah, memang sebagaimana biasa penjadwalan pemilihan dan seleksi untuk ajang besar yang akan dihelat Kemdikbud pada tamat tahun ini, seleksi selalu diadakan di sekitar bulan-bulan April. Tetapi bagaimanakah jadwal lengkap dari ajang lomba Pemilihan GTK (Guru dan Tenaga Kependidikan) Berprestasi dan Berdedikasi Tahun 2016 ini, serta bidang apa saja yang dilombakan, marilah kita simak penjelasannya berikut ini.

Download Surat Edaran Direktur Jenderal GTK perihal Pemilihan GTK Berprestasi dan Berdedikasi tahun 2016

Penjelasan ini didasarkan pada Surat Direktur Jenderal GTK Kemdikbud, Bapak Sumarna Surapranata perihal Informasi Pemilihan Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Berprestasi dan Berdedikasi Tahun 2016 dengan nomor surat 9678/B.B5/GT/2016 tertanggal 30 Maret 2016 untuk semua Kepala Dinas Pendidikan Provinsi dan Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota di Seluruh Indonesia. Surat ini sanggup didownload melalui link yang kami sediakan di tamat goresan pena ini.

Di dalam surat tersebut di atas Bapak Sumarna Surapranata menjelaskan bahwa akan diberikan tunjangan penghargaan kepada guru dan tenaga kependidikan yang berprestasi dan berdedikasi, oleh alasannya ialah maka Kemdikbud RI sebagaimana tahun-tahun sebelumnya akan mengadakan  Pemilihan Guru dan Tenaga Kependidikan Berprestasi dan Berdedikasi Tingkat Nasional tahun 2016.

Pada surat tersebut juga ditegaskan bahwa biar setiap kecamatan, kabupaten/kota, dan provinsi mempersiapkan pelaksanaan Pemilihan Guru dan Tenaga Kependidikan Berprestasi dan Berdedikasi Tahun 2016 sesuai aktivitas yang telah ditentukan.Memang, penjadwalan selalu diberikan oleh kemdikbud RI alasannya ialah ajang pemilihan dan seleksi gutu dan tenaga kependidikan berprestasi dan berdedikasi ini akan dilakukan secara berjenjang mulai dari tingkat kecamatan sampai ke tingkat nasional sesuai jadwal.

Jadwal Lengkap Pelaksanaan Pemilihan GTK Berprestasi dan Berdedikasi Tahun 2016

Secara lengkap, jadwalnya ialah sebagai berikut:

 Pemilihan GTK Berprestasi dan Berdedikasi Tahun  Informasi Terbaru Pemilihan GTK Berprestasi dan Berdedikasi Tahun 2016
Jadwal kegiatan pemilihan Guru dan Tenaga Kependidikan Berprestasi dan Berdedikasi Tahun 2016

Dapat dilihat dari tabel tersebut bahwa untuk pemilihan GTK Berprestasi dan Berdedikasi di tingkat kecamatan akan dilaksanakan pada bulan April ini, ini terutama dilakukan untuk GTK dari tingkat SD (Sekolah Dasar) atau sederajat dan PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini) atau sederajat, adakala untuk tingkat SMP atau sederjat di beberapa tempat juga dimulai dari tingkat kecamatan. Kemudian pada bulan berikutnya, yaituMei 2016 barulah dilaksanakan untuk tingkat Kabupaten/Kota dan selanjutnya pemilihan di tingkat provinsi dilaksanakan pada bulan Juni 2016. GTK (Guru dan Tenaga Kependidikan) yang terpilih pada seleksi tingkat provinsi akan berhak melanjutkan seleksi ke tingkat nasional yang direncanakan dilaksanakan pada bulan Agustus 2016 (tanggal 12 - 19 Agustus), yang nantinya akan berkesempatan mengikuti detik-detik proklamasi di Istana Negara pada tanggal 17 Agustus 2016. Walaupun demikian, disebutkan bahwa aktivitas pelaksanaan di tingkat nasional masih bersifat tentative (bisa berubah sewaktu-waktu) alasannya ialah menyerupai tahun kemudian (2015) pelaksanaan pemilihan GTK berprestasi dan berdedikasi tingkat nasional diundur sampai ke Hari Guru di bulan November 2015 digabung dengan kegiatan Simposium Guru tingkat Nasional di Istora Senayan.

Lalu, pada bidang apa sajakah lomba yang diadakan dalam ajang Pemilihan GTK Berprestasi dan Berdedikasi tahun 2016 ini?
Pada tahun 2016, bidang-bidang yang akan dilombakan mencakup 4 bidang untuk tingkat PAUD (sederajat); 9 bidang untuk tingkat SD (sederajat); 6 bidang untuk tingkat SMP (sederajat); 10 bidang untuk tingkat Sekolah Menengan Atas (sederajat), dan 5 bidang untuk tingkat Sekolah Menengah kejuruan (sederajat). Secara lengkap perhatikan tabel berikut.

Kategori Pemilihan GTK Berprestasi dan Berdedikasi untuk Jenjang PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini) Tahun 2016


 Pemilihan GTK Berprestasi dan Berdedikasi Tahun  Informasi Terbaru Pemilihan GTK Berprestasi dan Berdedikasi Tahun 2016
Bidang lomba pemilihan GTK Berprestasi dan Berdedikasi tingkat nasional tahun 2016 untuk PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini)

Kategori Pemilihan GTK Berprestasi dan Berdedikasi untuk Jenjang SD (Sekolah Dasar) Tahun 2016

Ada 9 kategori yang dilombakan pada jenjang SD (Sekolah Dasar), untuk pemilihan GTK Berprestasi dan Berdedikasi tahun 2016 mendatang. Akan tetapi, pada beberapa kategori digabung menjadi satu.
 Pemilihan GTK Berprestasi dan Berdedikasi Tahun  Informasi Terbaru Pemilihan GTK Berprestasi dan Berdedikasi Tahun 2016
Bidang lomba pemilihan GTK Berprestasi dan Berdedikasi tingkat satuan pendidikan SD (SD) Tahun 2016

Dapat diperhatikan pada tabel di atas, untuk Bidang Lomba pada kategori Guru SDLB dan Guru SMPLB dijadikan 1 kesatuan sehingga dari setiap provinsi nantinya hanya salah satu yang mewakili yaitu guru SDLB atau guru SMPLB. Demikian juga untuk Kepala SLB, SDLB, SMPLB, SMALB dan SKh dijadikan 1 kategori saja.

Kategori Pemilihan GTK Berprestasi dan Berdedikasi untuk Jenjang SMP (Sekolah Menengah Pertama) Tahun 2016

Ada 6 kategori yang dilombakan pada jenjang SMP (Sekolah Menengah Pertama), untuk pemilihan GTK Berprestasi dan Berdedikasi tahun 2016 mendatang. Akan tetapi adapula kategori untuk jenjang SMP yang dimasukkan ke jenjang SD menyerupai disebut pada tabel sebelumnya.
 Pemilihan GTK Berprestasi dan Berdedikasi Tahun  Informasi Terbaru Pemilihan GTK Berprestasi dan Berdedikasi Tahun 2016
Bidang lomba pemilihan GTK Berprestasi dan Berdedikasi tingkat satuan pendidikan SMP Tahun 2016

Kategori Pemilihan GTK Berprestasi dan Berdedikasi untuk Jenjang Sekolah Menengan Atas (Sekolah Menengah Atas) Tahun 2016

Ada 10 kategori yang dilombakan pada jenjang Sekolah Menengan Atas (Sekolah Menengah Atas), untuk pemilihan GTK Berprestasi dan Berdedikasi tahun 2016 mendatang. Akan tetapi, pada beberapa kategori digabung menjadi satu dengan SMK, perhatikan tabel berikut.
 Pemilihan GTK Berprestasi dan Berdedikasi Tahun  Informasi Terbaru Pemilihan GTK Berprestasi dan Berdedikasi Tahun 2016
Bidang lomba pemilihan GTK Berprestasi dan Berdedikasi tingkat satuan pendidikan Sekolah Menengan Atas Tahun 2016

Dari tabel di atas sanggup dilihat bahwa untuk kategori guru Sekolah Menengan Atas berdedikasi digabung menjadi satu dengan guru Sekolah Menengah kejuruan berdedikasi. Demikian juga untuk guru pada satuan pendidikan penyelenggara pendidikan inklusi, dan kepala sekolah di tempat khusus.

Kategori Pemilihan GTK Berprestasi dan Berdedikasi untuk Jenjang Sekolah Menengah kejuruan (Sekolah Menengah Kejuruan) Tahun 2016

Ada 5 bidang kategori lomba pada pemilihan GTK Berprestasi dan Berdedikasi untuk jenjang Sekolah Menengah kejuruan pada tahun 2016 ini, tetapi bila diperhatikan tolong-menolong lebih alasannya ialah ada kategori lomba untuk guru Sekolah Menengah kejuruan berdedikasi dikmen, guru Sekolah Menengah kejuruan penyelenggara pendidikan inklusi dan kepala Sekolah Menengah kejuruan tempat khusus yang digabung dengan jenjang Sekolah Menengan Atas sebagai 1 kategori lomba.
 Pemilihan GTK Berprestasi dan Berdedikasi Tahun  Informasi Terbaru Pemilihan GTK Berprestasi dan Berdedikasi Tahun 2016
Bidang lomba pemilihan GTK Berprestasi dan Berdedikasi tingkat satuan pendidikan Sekolah Menengah kejuruan Tahun 2016

Link Download Surat Direktur Jenderal GTK Kemdikbud, Bapak Sumarna Surapranata perihal Informasi Pemilihan Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Berprestasi dan Berdedikasi Tahun 2016 dengan nomor surat 9678/B.B5/GT/2016 tanggal 30 Maret 2016 untuk semua Kepala Dinas Pendidikan Provinsi dan Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota di Seluruh Indonesia

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Informasi Terbaru Pemilihan Gtk Berprestasi Dan Berdedikasi Tahun 2016"

Posting Komentar