4 Software Gratis Untuk Menciptakan Epub (Buku Digital)

4 Software Gratis untuk Membuat EPUB (Buku Digital)

Semua orang sudah niscaya di jaman kini ini kenal betul dengan yang namanya buku digital. Nah, salah satu format yang lumrah dan umum dipakai yaitu buku digital (ebook) berformat EPUB. Memang format EPUB banyak dipakai di mana-mana. Banyak penulis buku bebas berkreasi dengan mempublikasikan kemudian menjual buku digital mereka di aneka macam situs macam Amazon yang menawarkan kesempatan kepada para penulis untuk menjual ebooknya di sana. Anda tertarik ingin menciptakan buku digital juga? Simak dulu beberapa jenis software gratis yang banyak dipakai untuk menciptakan ebook (buku digital) berformat EPUB.  Ada 4 software gratisan yang sanggup kita pakai yang saya ulas masing-masing di bawah ini, yaitu: Sigil, Calibre, ePUB To Go, dan eCub.

 Semua orang sudah niscaya di jaman kini ini kenal betul dengan yang namanya buku digita 4 Software Gratis untuk Membuat EPUB (Buku Digital)
ebook berformat EPUB yaitu buku digital yang berkembang pesat remaja ini.

Sigil

Para pembuat ebook sudah banyak yang memakai Sigil. Ini yaitu software yang berlisensi GPLv3 alasannya dikembangkan secara tolong-menolong oleh para pengembang dan penggunanya. Kita sanggup menggunakannya pada sistem operasi Windows ataupun Linux. Saya sendiri sudah mencoba memakai Sigil untuk menciptakan buku digital saya. (Catatan: nanti saya akan bagi bagaimana cara menciptakan buku digital berformat ePUB melalui artikel selanjutnya.). Asyiknya Sigil yaitu kita sanggup melihat bagaimana tampilan buku digital kita pada software (aplikasi) ini dikala sedang membuatnya. Apa yang kita lihat itulah yang kita sanggup (WYSIWYG: What You See Is What You Get). Pada software gratis ini kita sanggup mengimpor file dari microsoft word, atau eksklusif menuliskan naskah pada aplikasi di bab editor, menyesuaikan arahan HTML dan mengedit bagian-bagian buku digital. Pokoknya komplit deh untuk menghasilkan buku digital yang berkualitas dan gak malu-maluin. Tersedia juga derma berupa manual atau tata cara penggunaan Sigil yang terhubung secara online ketika kita ingin membuat/mengedit buku tapi belum tahu bagaimana caranya. Anda juga boleh berkontribusi dalam pengembangan Sigil dengan menciptakan akun di GitHub.

Calibre

Sebagaimana Sigil, Calibre termasuk software gratis (free) yang sangat banyak dipakai untuk menciptakan buku digital berformat EPUB. Calibre sanggup dipakai pada sistem operasi Windows maupun Linux. Calibre juga bermanfaat sebagai sistem yang membantu kita mengorganisir buku-buku digital yang kita koleksi. Platform Calibre sangat sederhana sehingga sangat user friendly. Tertarik mencoba memakai software pembuat buku digital ini? Ayo dicoba.

ePUB To Go

ePub To Go bekerjsama lebih pas jikalau disebut situs konversi. Iya, penggunaannya sangat praktis untuk menciptakan sebuah buku digital berformat EPUB. Tetapi alasannya sifatnya yaitu situs yang melaksanakan konversi online, tentu ada lebih banyak keterbatasannya. Tetapi untungnya sebagaimana disebutkan di atas, software ini termasuk ke dalam aplikasi gratis dan tidak ada proses download untuk hasil EPUB-nya jadi sangat mudah. Jika kita ingin menciptakan buku digital berformat EPUB dengan memakai ePUB To Go, maka kita tinggal mengupload sebuah file pdf ke situs ini untuk dikonversi.

eCub Creator

Saat ini bekerjsama software gratisan eCub masih dalam pengembangan. Beberapa bug mungkin masih muncul dikala anda menggunakannya. Tapi tidak mengapa alasannya software ini cukup ampuh untuk menciptakan buku digital berformat EPUB dan juga MobiPocket. Pengembangnya yaitu Julian Smart. Kita tunggu saja perkembangan selanjutnya dari software ini. Apakah nantinya software gratis ini juga akan sangat disukai para pembuat dan penerbit EPUB? Kita sanggup memakai eCub Creator untuk menciptakan buku dari scratch, mendesain cover (sampul) buku, mengeksport konten ke audio file. Tak cuma format EPUB dan MobiPocket sebenarnya, eCub juga sanggup menciptakan file berekstensi HTML dan TXT.

Nah itulah 4 software gratis yang sanggup dipakai untuk menciptakan buku digital berformat EPUB. Sudah punya naskah buku untuk diterbitkan secara digital? Mengapa tak mencoba salah satu dari software di atas untuk itu. Selamat mencoba.

:
Cara Membuat Media Pembelajaran SD dari Kardus Bekas

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "4 Software Gratis Untuk Menciptakan Epub (Buku Digital)"

Posting Komentar